Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang KTT G20, Menko Airlangga: Dunia Berharap Banyak kepada Indonesia

Peran Presidensi G20 Indonesia tahun ini dinilai sangat penting, terutama untuk membantu memberikan solusi penanganan konflik di Ukraina.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  07:38 WIB
Jelang KTT G20, Menko Airlangga: Dunia Berharap Banyak kepada Indonesia
Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Senin (11/7 - 2022). Dok. Bank Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva menganggap peran Presidensi G20 Indonesia tahun ini sangat penting, terutama untuk membantu memberikan solusi penanganan konflik di Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan delegasi IMF di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Minggu (17/7/2022).

Dia mengungkapkan, dunia menaruh harapannya kepada Indonesia, terutama menjelang KTT G20 pada November mendatang.

"Diharapkan dengan peran Indonesia tersebut, ke depannya kondisi perekonomian dan politik dunia tidak memburuk," kata Airlangga, dikutip Senin (18/7/2022).

Di lain sisi, pemerintah juga berharap agar IMF terus mendukung Presidensi G20 Indonesia serta dapat memberikan narasi positif terhadap perekonomian Indonesia di mata investor dunia.

Adanya kenaikan inflasi di sejumlah negara dikhawatirkan dapat memicu kenaikan tingkat suku bunga global, yang kemungkinan dapat memengaruhi keputusan investor berinvestasi di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih relatif baik. Hal tersebut dapat dilihat dari cukup stabilnya pertumbuhan ekonomi dan terjaganya inflasi di dalam negeri, dimana inflasi berada di sekitar 4,2 persen dan pertumbuhan di level 5,01 persen.

Sebagai informasi, selain Airlangga, Presiden Joko Widodo juga didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam pertemuan dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Direktur Departemen Asia dan Pasifik IMF Krishna Srinivasan, dan Representatif Senior IMF untuk Indonesia James Walsh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imf g20 G20 Indonesia airlangga hartarto
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top