Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Setelah Ada IKN, Begini Prospek Perkantoran di Jakarta

Prospek perkantoran di Jakarta masih sangat menarik meski perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur semakin dekat.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  15:37 WIB
Setelah Ada IKN, Begini Prospek Perkantoran di Jakarta
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Senior Director Office Services Colliers Bagus Adikusumo mengatakan prospek perkantoran di Jakarta masih sangat menarik meski perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur semakin dekat.

Hal ini lantaran infrastruktur di Jakarta sendiri sudah mendukung produktivitas dan kinerja perusahaan, dalam hal ini perusahaan teknologi. Maka, perpindahan IKN disebutnya tak akan melemahkan sektor ekonomi dan finansial di Jakarta.

"Masih, masih akan menarik sekali. Karena kan yang dipindahkan oleh pemerintah itu kan hal-hal yang berhubungan sama pemerintah ya eksekutif, legislatif, yudikatif sebenernya," jelas Bagus, Senin (18/7/2022).

Untuk diketahui, perpindahan IKN diwacanakan akan dimulai pada 2024 dengan memindahkan sejumlah kantor pemerintah mulai dari Istana Presiden, kantor parlemen, kementerian, hingga Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi.

Bagus meyakini roda ekonomi dan segala yang berhubungan dengan bidang finansial nantinya masih tetap di Jakarta.

"Cuma apakah akan 100 persen di Jakarta atau sebagian ada disana nah itu yang memang belum ditentukan oleh pemerintah," katanya.

Menurutnya, akan ada dampak positif dari perpindahan IKN terhadap mobilitas di Jakarta. Pasalnya hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya kemacetan dan polusi udara.

"Insfrastrukturnya juga lebih membaik karena sekarang sudah ada LRT MRT, kalau kemacetan berkurang otomatis lebih nyaman hidup di Jakarta," lanjutnya.

Dengan begitu, Bagus juga mendukung rencana strategis pemerintah untuk menjadikan Jakarta sebagai kota pusat bisnis dan finansial sehingga Jakarta akan tetap menarik bagi perusahaan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IKN perkantoran dki jakarta ibu kota negara
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top