Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paket Belanja Online Hilang, Ini Cara Cek via JNE

Saat Anda kehilangan paket belanja online, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan via aplikasi JNE. Simak cara di bawah ini.
Pekerja membungkus paket di Kantor Cabang Utama PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Pekerja membungkus paket di Kantor Cabang Utama PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019)./ANTARA-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA - Menanti kurir JNE mengantarkan kiriman paket memang sangat menyenangkan. Namun, lain halnya bila barang yang dibeli secara online tak kunjung tiba di rumah atau tempat tujuan.

Saat mengirim atau menunggu paket, mengecek keberadaan paket jadi hal cukup lumrah dan penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan paket tidak salah alamat atau bahkan hilang dan sampai tepat waktu. 

Biasanya, mengecek keberadaan lokasi paket bisa dilakukan dengan memasukkan nomor resi yang diberikan si pengirim. Namun, tak menutup kemungkinan ada situasi tertentu yang menyebabkan pengecekan dengan nomor resi tidak bisa dilakukan seperti kesalahan sistem, no resi tidak mau terbaca, atau hilang.

Nah, untuk mengecek paket khususnya yang menggunakan jasa pengiriman dari JNE tanpa nomor resi, bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Via Aplikasi My JNE

Salah satu cara cek paket JNE tanpa no resi bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi My JNE. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melacak paket hingga mengecek ongkos kirim. 

Penggunaan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Pertama, jika belum mempunyai aplikasi My JNE, kalian bisa download di playstore, kemudian silakan daftar dan buat akun menggunakan akun google.

Setelah berhasil membuat akun, login dengan akun yang didaftarkan tersebut dan masuk ke halaman utama aplikasi My JNE. Selanjutnya kalian bisa pilih menu scan. Dengan begitu secara otomatis kamera dan layar Hp akan aktif dan bisa digunakan untuk scan barcode. 

Kemudian, Anda hanya perlu mengarahkan kamera HP ke barcode yang tertera dalam bukti pengiriman paket. Secara otomatis, informasi terkait lokasi terkini dari paket yang sedang dikirim via JNE akan muncul.

2. Datang Langsung ke Kantor

Selain lewat aplikasi My JNE, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek atau melacak paket JNE tanpa nomor resi adalah dengan datang langsung ke kantor JNE seperti kantor JNE cabang yang letaknya paling dekat dengan tempat tinggal.

Nantinya, petugas akan meminta beberapa data untuk konfirmasi, seperti penerima paket, alamat, dan sebagainya. Alangkah baiknya kamu juga meminta nomor resi dari paket yang sedang dicek tersebut sehingga bisa dilakukan pengecekan kembali di rumah.  

3. Meminta Resi ke Pengirim

Cara paling mudah adalah meminta nomor resi pada pengirim. Biasakan untuk selalu meminta nomor resi setiap kali melakukan transaksi pengiriman kepada pengirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper