Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Paket Belanja Online Hilang, Ini Cara Cek via JNE

Saat Anda kehilangan paket belanja online, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan via aplikasi JNE. Simak cara di bawah ini.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 16 Juli 2022  |  18:08 WIB
Paket Belanja Online Hilang, Ini Cara Cek via JNE
Pekerja membungkus paket di Kantor Cabang Utama PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Bandung, Jawa Barat, Kamis (3/1/2019). - ANTARA/Raisan Al Farisi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menanti kurir JNE mengantarkan kiriman paket memang sangat menyenangkan. Namun, lain halnya bila barang yang dibeli secara online tak kunjung tiba di rumah atau tempat tujuan.

Saat mengirim atau menunggu paket, mengecek keberadaan paket jadi hal cukup lumrah dan penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan paket tidak salah alamat atau bahkan hilang dan sampai tepat waktu. 

Biasanya, mengecek keberadaan lokasi paket bisa dilakukan dengan memasukkan nomor resi yang diberikan si pengirim. Namun, tak menutup kemungkinan ada situasi tertentu yang menyebabkan pengecekan dengan nomor resi tidak bisa dilakukan seperti kesalahan sistem, no resi tidak mau terbaca, atau hilang.

Nah, untuk mengecek paket khususnya yang menggunakan jasa pengiriman dari JNE tanpa nomor resi, bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya:

1. Via Aplikasi My JNE

Salah satu cara cek paket JNE tanpa no resi bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi My JNE. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk melacak paket hingga mengecek ongkos kirim. 

Penggunaan aplikasi ini sebenarnya sangat mudah. Pertama, jika belum mempunyai aplikasi My JNE, kalian bisa download di playstore, kemudian silakan daftar dan buat akun menggunakan akun google.

Setelah berhasil membuat akun, login dengan akun yang didaftarkan tersebut dan masuk ke halaman utama aplikasi My JNE. Selanjutnya kalian bisa pilih menu scan. Dengan begitu secara otomatis kamera dan layar Hp akan aktif dan bisa digunakan untuk scan barcode. 

Kemudian, Anda hanya perlu mengarahkan kamera HP ke barcode yang tertera dalam bukti pengiriman paket. Secara otomatis, informasi terkait lokasi terkini dari paket yang sedang dikirim via JNE akan muncul.

2. Datang Langsung ke Kantor

Selain lewat aplikasi My JNE, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek atau melacak paket JNE tanpa nomor resi adalah dengan datang langsung ke kantor JNE seperti kantor JNE cabang yang letaknya paling dekat dengan tempat tinggal.

Nantinya, petugas akan meminta beberapa data untuk konfirmasi, seperti penerima paket, alamat, dan sebagainya. Alangkah baiknya kamu juga meminta nomor resi dari paket yang sedang dicek tersebut sehingga bisa dilakukan pengecekan kembali di rumah.  

3. Meminta Resi ke Pengirim

Cara paling mudah adalah meminta nomor resi pada pengirim. Biasakan untuk selalu meminta nomor resi setiap kali melakukan transaksi pengiriman kepada pengirim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jne paket kiriman paket
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top