Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Bocorkan Hasil Kerja sama Jokowi dan Musk, Ternyata Bikin Ini!

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membocorkan proyek kerja sama Presiden Jokowi dan Elon Musk.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  12:29 WIB
Airlangga Bocorkan Hasil Kerja sama Jokowi dan Musk, Ternyata Bikin Ini!
Presiden RI Jokowi bertemu Elon Musk di pabrik SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat pada Sabtu (14/05/2022) - BPMI Setpres
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) bekerja sama dengan bos Starlink dan Tesla Elon Musk untuk mengembangkan infrastruktur digital.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Leaders Talk dengan tema ‘Synergistic and Inclusive Digital Economy Ecosystem for Accelerated Recovery’, yang merupakan side event dari pertemuan ketiga FMCBG Presidensi G20 Indonesia, Senin (11/7/2022).

Airlangga menyampaikan infrastruktur digital tersebut bernama low earth orbit satellite atau satelit orbit bumi rendah.

“Sekarang sedang dikembangkan prototyping, bapak Presiden [Joko Widodo] ketemu Elon Musk, itu adalah salah satu revolusi di bidang infrastruktur digital, dengan nama low earth orbit satellite,” katanya.

Airlangga menyampaikan kerja sama di bidang terbut merupakan pengubah permainan atau game changer bagi pemerintah dalam mendorong transformasi digital di Tanah Air.

Menurutnya, fungsi low orbit satellite sangat sesuai dengan kebutuhan dan bentuk geografis Indonesia.

Low orbit satellite itu akan menjadi game changer di negara kepulauan seperti Indonesia, karena kita punya 17.000 pulau dan tidak mungkin 17.000 pulau itu disambungkan dengan fiber optik,” jelasnya.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan pemerintah saat ini telah memiliki strategi nasional ekonomi digital, terutama terkait dengan infrastruktur. pemerintah telah menyambungkan fiber optik dari daerah timur ke barat indonesia.

Akselerasi inovasi teknologi dan transformasi digital, kata dia, menjadi salah satu strategi utama pada perubahan ekonomi Indonesia dalam upaya mencapai pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan.

Pasalnya, dia menilai potensi ekonomi digital di Indonesia memiliki prospek yang cerah untuk dioptimalkan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elon musk Jokowi airlangga hartarto satelit
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top