Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenaker Siapkan Tenaga Kerja Kompeten untuk Kawasan Industri Terpadu Batang

Kementerian Ketenagakerjaan tengah menyiapkan 10 jurus jitu dalam menyiapkan tenaga kerja yang kompeten di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa tengah.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 08 Juli 2022  |  15:22 WIB
Kemenaker Siapkan Tenaga Kerja Kompeten untuk Kawasan Industri Terpadu Batang
Presiden Joko Widodo (tiga kanan) didampingi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (tiga kiri), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (kiri), Bupati Batang Wihaji (empat kiri) dan jajaran menteri lainnya berbincang saat peninjauan Kawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020). - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan akan segera memberikan fasilitas pembentukan Skill Development Center (SDC) di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

SDC merupakan sebuah forum kolaborasi multi-stakeholder dalam mempersiapkan tenaga kerja kompeten di KITB. 

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie Cakrawangsa menyampaikan proyek strategis nasional tersebut akan menyerap banyak tenaga kerja, bahkan hingga 2031 diproyeksikan membutuhkan 282.000 tenaga kerja. 

Untuk itu, perlu adanya pengembangan kemampuan khususnya bagi warga lokal Batang di mana KITB tengah dibangun.

"Kami akan membentuk SDC di Kabupaten Batang yang terdiri dari berbagai dinas terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang, Manajemen KITB, Asosiasi Pengusaha/Industri, penyelenggara pelatihan kerja, dan penyelenggara pendidikan vokasi," ucapnya dalam Focus Group Discussion dan Rapat Koordinasi lintas-stakeholder bertema ‘Kolaborasi Penyediaan Tenaga Kerja di KITB’ dikutip dari keterangan resmi Kemenaker, Jumat (8/7/2022).

Pasalnya, meski potensi lapangan kerja akan semakin besar, namun belum tentu akan mengatasi tingginya angka pengangguran di Kabupaten Batang dan Provinsi Jawa Tengah jika pemerintah tidak menata pasar kerja dan SDM.

Badan Pusat Statistik melaporkan untuk tingkat pengangguran terbuka provinsi Jawa Tengah per Februari 2022 sebesar 5,75 persen.

"Jangan sampai warga Batang hanya jadi penonton di tengah deru industrialisasi ini. Oleh karenanya kita semua harus berkomitmen melakukan afirmasi terhadap masyarakat lokal untuk dapat mengakses pasar kerja di KITB dengan mudah," katanya. 

Caswiyono mengatakan Kementerian Ketenagakerjaan telah menyiapkan berbagai kebijakan dan melakukan berbagai langkah guna mendukung pembangunan dan operasionalisasi KITB dari sisi ketenagakerjaan.

Caswiyono yang merupakan putra asli Batang ini menyatakan telah menyiapkan 10 jurus untuk mendukung KITB.

Pertama, menyusun proyeksi dan rencana tenaga kerja makro dan mikro di KITB yang salah satunya berisi peta kebutuhan tenaga kerja. Kedua, mengembangkan sistem informasi pasar kerja di KITB yang terintegrasi dan mudah diakses.

Ketiga, meningkatkan kualitas dan kapasitas pelatihan kompetensi di Batang dan sekitarnya. Keempat, memasifikasi sertifikasi kompetensi untuk penyediaan tenaga kerja yang bersertifikat. Kelima, memperkuat dan mengembangkan Bursa Kerja Khusus (BKK) di lembaga-lembaga pendidikan.

"Keenam, kami akan mendekatkan pelayanan ketenagakerjaan di KITB melalui pembangunan Anjungan SIAPkerja, yaitu sebuah tempat pelayanan satu pintu yang terintegrasi dan dapat diakses secara mudah baik oleh masyarakat, perusahaan maupun pihak-pihak lain yang membutuhkan," jelasnya.

Ketujuh, mengembangkan program perluasan kesempatan kerja, baik di dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja bagi masyarakat sekitar. Kedelapan, melakukan reskilling bagi karyawan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) yang terdampak. Kesembilan, mendorong pembentukan Unit Layanan Disabilitas (ULD) di Batang untuk memastikan penyandang disabilitas juga dapat bekerja di KITB.

Maka dari itu, jurus terakhir untuk melakukan konsolidasi semua hal tersebut, Kemenaker akan fasilitasi pembentukan SDC untuk mendukung tenaga kerja kompeten yang merupakan warga lokal  Batang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batang Kawasan Industri Batang Kemenaker pekerja pengangguran tingkat pengangguran
Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top