Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

John Riady Tegaskan Komitmen ESG Lippo Group untuk Bangsa dan Dunia

John Riady menegaskan komitmen Lippo Group melaksanakan prinsip ESG merupakan kontribusi konglomerasi itu untuk pembangunan berkelanjutan.
CEO Lippo Karawaci John Riady saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/3/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
CEO Lippo Karawaci John Riady saat berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/3/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA- Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengungkapkan saat ini dunia tengah mengalami transisi besar, bukan saja semakin terintegrasi seiring perkembangan teknologi informasi dan transportasi, tetapi juga terkait berbagai krisis yang kian mengglobal.

Terkini, katanya, selain pandemi masyarakat dunia berhadapan dengan tantangan stok pangan, rantai pasok, energi, dan lingkungan. Hal ini mendorong seluruh pemangku kepentingan dan kebijakan harus ikut bertanggung jawab dan memainkan peran terhadap berbagai perubahan tersebut.

Berangkat dari persoalan itu, John mengatakan kian mendesaknya pelaksanaan  prinsip-prinsip ESG (Environment, Social, Governance) yang didukung dunia bisnis terutama peran korporat berskala global demi menjaga keberlanjutan. ESG senafas dengan berbagai tujuan global seperti Sustainability Development Goals (SDG) yang menyasar berbagai upaya untuk pengentasan kemiskinan, menjaga bumi, hingga peningkatan kualitas hidup masyarakat dunia.

Tidak satupun negara di dunia yang tidak terpapar problem global tersebut. Termasuk Indonesia  yang secara aktif mendukung berbagai program dan tujuan global dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan.

“Karena itu, menjadi penting dukungan dari semua kalangan termasuk dunia bisnis.”

Dalam hal melindungi lingkungan hidup, Indonesia aktif dan memainkan peran penting sebagai pemegang predikat salah satu “paru-paru” dunia. Lebih jauh, keikutsertaan Indonesia dalam COP 26, maka terdapat target pengikisan karbon yang dipatok nol emisi pada 2060.

Menurut John, pemerintah Indonesia memegang peranan penting dalam Presidensi G20. Di berbagai forum G20, Indonesia menggagas upaya inovatif demi menggapai peningkatan kualitas kehidupan lingkungan masyarakat, seperti gagasan pembiayaan kesehatan global, hingga penerapan pembiayaan hijau.

Di sisi lain, jelasnya, Lippo Group sebagai salah satu pilar bisnis kuat di Indonesia menyusun berbagai kerangka yang mengacu pada prinsip-prinsip ESG. Selaku konglomerasi dengan tentakel bisnis utama mencakup sektor properti, kesehatan, dan pendidikan, Lippo Group dituntut berperan aktif merealisasikan berbagai tujuan global ekonomi berkelanjutan. “Bahkan kami membentuk divisi sustainability untuk memastikan jalannya bisnis sesuai dengan prinsip-prinsip ESG.”

Dalam penerapannya, ESG akan selalu menggunakan Stakeholder Capitalisme Metric atau SCM yang digagas World Economic Forum (WEF). SCM merupakan serangkaian ketentuan dan penilaian terhadap dunia usaha yang berupaya menerapkan prinsip ESG (Environmental Social Governance).

SCM sendiri telah dirumuskan menjadi empat kategori besar, yakni principle of governance, planet, people, dan prosperity. John menilai Lippo Group secara perlahan telah menerapkan standar pada empat kategori itu sejak tiga tahun belakangan.

“Jadi, ESG ini sangat penting lebih dari sekadar CSR, karena dalam ESG seluruh praktik bisnis sejak dari hulu ke hilir dirancang untuk memberikan nilai lebih terahadap pembangunan berkelanjutan,” tegas John.

Sebagai contoh, terhadap kategori “planet”, pembangunan properti dari Lippo Group telah memanfaatkan teknologi daur ulang air yang sangat menghemat penggunaan air tanah. “Kami menyadari akan adanya perubahan iklim yang semakin nyata saat ini, maka dari itu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan efisiensi sumber daya kami dan mengurangi imbas terhadap lingkungan dengan menemukan cara baru membuat produk dan proses bisnis kami yang semakin ramah lingkungan,” ungkap John.

Selain itu, Lippo Group menyadari bahwa sektor bisnis yang diampu merupakan proyek vital peradaban, seperti properti, kesehatan, dan pendidikan. Dengan mengacu pada standardisasi kinerja maupun kualitas layanan yang mumpuni, secara langsung Lippo Group menopang upaya penciptaan kehidupan lebih baik, serta pembangunan keberlanjutan.

“[Selain itu] Kami menjunjung tinggi praktik ketenagakerjaan yang adil, memprioritaskan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan mereka, serta mendukung perkembangan dan aspirasi mereka, serta memberdayakan mereka untuk menjadi pribadi yang baik,” tutup John.

Dia mengungkapkan langkah kecil tetapi masif seperti dilakukan Lippo Group perlahan akan membawa Indonesia sebagai kontributor terbesar dalam perbaikan nasib dunia. “Semisal seluruh sektor bisnis menerapkan prinsip dan nilai yang sama, ini akan mengubah wajah keseluruhan nasib masyarakat, lingkungan hidup, yang tidak saja berskala nasional,” tukas John.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper