Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertemuan Kedua Sherpa G20 akan Berlangsung 9-13 Juli 2022

Sherpa G20 ditargetkan untuk menyusun kesimpulan para pemimpin atau leaders declaration yang akan disampaikan pada tingkat Summit.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  17:53 WIB
Pertemuan Kedua Sherpa G20 akan Berlangsung 9-13 Juli 2022
Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi di kantor Kemenko Perekonomian pada Kamis (7/7/2022) - Bisnis - Ni Luh Anggela.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan menggelar pertemuan Sherpa kedua pada 9-13 Juli 2022 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai bagian dari rangkaian Presidensi G20 Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi menyampaikan tema Sherpa G20 kedua ini mengangkat tema Back to the Nature.

"Kita ingin menyelenggarakan pertemuan [Sherpa G20] yang tidak harus terlihat sangat kaku," katanya di Gedung Kemenko Perekonomian, Kamis (7/7/2022).

Pada pertemuan kedua ini, akan dihadiri oleh semua anggota G20, negara undangan seperti Belanda, Singapura, UEA, Spanyol, serta organisasi internasional seperti ADB, ILO, IMF, Islamic Development Bank, hingga World Bank.

Edi menuturkan Sherpa G20 kedua akan dibagi menjadi empat sesi. Keempat sesi tersebut adalah Global Health Architecture, Digitalisation, Energy Transition, dan Concrete Deliverables.

"Sherpa kedua ini akan lebih banyak membahas progres dari semua working group  di sherpa track," ujarnya.

Sherpa merupakan perwakilan kepala pemerintahan yang bertugas untuk menyusun kesimpulan para pemimpin atau leaders declaration yang akan disampaikan pada tingkat Summit.

Menurutnya, Sherpa ini nantinya akan bertugas merangkum semua pembahasan Presidensi G20 dan akan dikumpulkan, dinegosiasikan sampai menjadi leadership declaration.

Seperti diketahui, agenda Sherpa G20 pertama digelar pada 6-8 Desember 2021 di Jakarta. Pertemuan ini menjadi pertemuan pertama dan pembuka dari seluruh rangkaian pertemuan Presidensi G20 Indonesia yang diselenggarakan di masa pandemi Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

G20 Indonesia labuan bajo Sherpa G20
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top