Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Agar Indonesia Bertahan di Tengah Ketidakpastian Global

Kemandirian seperti apa yang dibutuhkan Indonesia agar bisa bertahan di tengah kondisi seperti ini?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 06 Juli 2022  |  13:18 WIB
Ini Tips Agar Indonesia Bertahan di Tengah Ketidakpastian Global
Suasana deretan gedung bertingkat dan perumahan padat penduduk di Jakarta, Senin (4/7/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia saat ini tengah dihadapi ketidakpastian global. Lalu kemandirian seperti apa yang dibutuhkan Indonesia agar bisa bertahan di tengah kondisi seperti ini?

Ekonom Senior Indef Faisal H. Basri menuturkan, solusi Indonesia dapat mandiri adalah dengan menggeser pendekatan pembangunan.

"Pertama perwakilan orang yang dicerminkan oleh DPR itu harus diimbangi dengan perwakilan daerah (DPD)," katanya  dalam Seminar Kajian Tengah Tahun 2022 Indef, Rabu (6/7/2022).

Kedua, pembangunan daerah yang harus dilakukan bukan pembangunan di daerah. Faisal menuturkan, selama ini pemerintah pusat hanya memberikan uang ke pemerintah daerah. Menurutnya, langkah tersebut tidak akan membantu daerah menjadi lebih mandiri.

"Tapi kalau kemandirian yang kami tawarkan adalah  pusatnya bangkrut daerahnya nggak bangkrut. Maksudnya bangkrut, bangkrut hutangnya. Kan utangnya pemerintah pusat, APBN  jebol, daerahnya nggak," ujarnya.

Di lain sisi, Faisal menyoroti financial inclusion Indonesia yang masih berada di 52 persen pada 2021. Artinya, hanya 52 persen dari usia 15 tahun ke atas yang memiliki akun di bank atau lembaga keuangan lainnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan Bangladesh di 53 persen dan India 78 persen, angka tersebut relatif kecil.

"Gimana kita mau mandiri.  Masa bawa alat pacu jantung terus. Alat pacu jantung itu ngutang, PMA, darah kita kurang kita transfusi dari PMA," ujarnya.
 
Oleh karena itu, dia berharap setiap daerah perlu mengoptimalkan potensinya agar tidak terlalu mengandalkan Penanaman Modal Asing (PMA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indef faisal basri ekonomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top