Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Proyek 6 Pelabuhan Hampir Selesai, Patimban Sudah 93 Persen

Kemenhub menuturkan proyek 6 pelabuhan sudah hampir selesai, salah satunya Pelabuhan Patimban.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  18:36 WIB
Proyek 6 Pelabuhan Hampir Selesai, Patimban Sudah 93 Persen
Pekerja melakukan bongkar muat sejumlah kendaraan bermotor ke dalam kapal MV Ostina saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek kesiapan operasional Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, Kamis (3/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan terdapat enam pelabuhan yang pembangunannya sudah mencapai di atas 80 persen, termasuk Pelabuhan Patimban yang mencapai 93 persen.

"Kami laporkan beberapa pelabuhan pendukung konektivitas pada tahun 2022 telah dilaksanakan pembangunan, bahkan terdapat beberapa pelabuhan yang mencapai 80 persen," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR, Senin (4/7/2022).

Pertama, Pelabuhan Baa di Nusa Tenggara Timur. Saat ini, pembangunan fisik pelabuhan sudah mencapai 81,72 persen dengan alokasi pagu anggaran Kementerian Perhubungan mencapai Rp15 miliar.

Kedua, Pelabuhan Kambuno di Sulawesi Selatan dengan realisasi pembangunan fisik sudah mencapai 91,47 persen. Pagu anggaran untuk pembangunan pelabuhan yakni Rp15 miliar.

Ketiga, Pelabuhan Sanur di Bali yang pembangunannya sudah mencapai 91,70 persen. Pagu anggaran pembangunan mencapai Rp154,37 miliar.

Keempat, Pelabuhan Tanjung Ular di Bangka Belitung dengan pembangunan telah mencapai 92,52 persen dan pagu anggaran tercatat seebsar Rp28,54 miliar.

Kelima, Pelabuhan Patimban di Jawa Barat dengan progres pembangunan sudah mencapai 93 persen. Pagu anggaran untuk membangun pelabuhan tersebut mencapai Rp871,07 miliar.

Keenam, Pelabuhan Salisingan di Sulawesi Barat yang pembangunannya sudah mencapai 100 persen, dengan pagu anggaran mencapai Rp14,15 persen.

Untuk diketahui, pembangunan Pelabuhan Sanur dan Patimban merupakan bagian dari PSN (Proyek Strategis Nasional) sesuai dengan Perpres (Peraturan Presiden) No. 109/2020 dan Permenko No. 7/2021.

Selain Patimban dan Sanur, pembangunan pelabuhan lain yang termasuk PSN yakni Pelabuhan Pelambang Baru di Tanjung Carat Sumatera Selatan, Pelabuhan New Ambon di Maluku, Pelabuhan Likupang di Sulawesi Utara, dan Pelabuhan Teluk Palu di Sulawesi Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub pelabuhan patimban pelabuhan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top