Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin PMK 2,2 Juta Dosis Sudah di Indonesia, Anggaran Belum Cair

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikananggaran untuk vaksin darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap I sebanyak 2,2 juta dosis masih menunggu pencairan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 30 Juni 2022  |  14:44 WIB
Vaksin PMK 2,2 Juta Dosis Sudah di Indonesia, Anggaran Belum Cair
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ketika menjawab pertanyaan media sesaat setelah launching Gerakan Disinfeksi Nasional di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2022). - Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa anggaran untuk vaksin darurat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap I sebanyak 2,2 juta dosis telah disetujui dan tengah dalam proses pencairan.

“Anggaran sudah disetujui, prosesnya sebentar lagi berjalan,” ujarnya setelah Launching Gerakan Disinfeksi Nasional di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Kamis (30/6/2022).

Syahrul menegaskan untuk 3 juta dosis vaksin darurat PMK sudah berada di Indonesia. Sebanyak 800.000 dosis sudah terdistribusi, sedangkan 2,2 juta dosis sisanya masih menunggu anggaran untuk dapat didistribusikan.

Sebelumnya, Kementan menganggarkan Rp4,4 triliun untuk penanganan PMK mulai dari pengadaan vaksin, biaya operasional, pendataan ternak, bantuan penggantian ternak, dan pencegahan PMK.

Setelah melakukan rapat bersama Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, total anggaran meningkat menjadi Rp4,6 triliun.

“Anggaran yang semula dirumuskan Rp4,4 tirilun, di Rakortas Menko meningkat menjadi Rp4,6 triliun,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyo dalam RDP Komisi IV DPR, Senin (27/6/2022).

Dalam Rakortas tersebut, Menko Airlangga Hartarto pun menyebutkan bahwa anggaran telah disiapkan. Artinya vaksin akan dapat terdistribusi dalam waktu dekat, mengingat dalam beberap hari umat muslim akan merayakan Iduladha.

“Sudah ada 3 juta dosis vaksin di Indonesia dengan anggaran yang sudah disiapkan, sehingga vaksin yang sudah ada harus segera disuntikkan,” tegasnya dalam keterangan resmi Kemenko Ekon, Rabu (29/6/2022).

Perlu diketahui bahwa saat ini penyakit PMK selain menjangkiti sapi, sudah menjangkiti kerbau, kambing, domba, dan babi. Untuk itu, pemerintah akan semakin mempercepat penanganan penyakit PMK ini, mulai dari mendorong satgas bekerja dengan cepat, melakukan percepatan vaksinasi, dan pengaturan lalu lintas ternak.

Hingga 30 Juni 2022 pukul 13.00 WIB, terdapat 19 provinsi dengan 222 kabupaten/kota yang telah tertular PMK. Sebanyak 296.650 ekor ternak terpapar PMK, 98.766 ekor telah sembuh, 2.603 ekor dilakukan pemotongan bersyarat, dan 1.769 ekor ternak mati. Dalam dua minggu terakhir, sebanyak 172.193 ekor ternak telah menerima vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran apbn kementan Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top