Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Cabai Rawit Naik, Cek Daftar Harga Pangan Hari Ini

Harga pangan strategis relatif stabil pada hari ini, Rabu (29/6/2022), tapi tertahan di angka yang tinggi atau jauh dari normal.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  14:46 WIB
Harga Cabai Rawit Naik, Cek Daftar Harga Pangan Hari Ini
Pedagang menata barang dagangannya di Pasar Senen, Jakarta, Senin (4/5/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Harga pangan pada hari ini, Rabu (29/6/2022), terpantau relatif stabil, bahkan beberapa komoditas mengalami penurunan. Meskipun demikian, harga cabai rawit masih terus mengalami reli kenaikan.

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional melaporkan per hari ini hanya harga cabai rawit yang mengalami kenaikan. Bawang merah dan telur ayam terpantau mulai mengalami penurunan.

Bila membandingkan dengan 28 Juni 2022, secara rata-rata nasional harga cabai rawit merah dan hijau naik 0,37 persen, masing-masing menjadi Rp95.400 dan Rp68.600 per kilogram. 

Mengacu pada data satu minggu terakhir, harga kedua cabai rawit tersebut terus mengalami kenaikan. Kementerian Perdagangan (Kemendag) melihat kenaikan tersebut akibat terhambatnya pasokan akibat tanaman cabai terserang penyakit patek ditambah dengan curah hujan yang masih tinggi. 

Komoditas lainnya seperti telur ayam, minyak goreng, gula pasir, beras, dan daging sapi harganya tetap sama dari hari kemarin atau stabil. Komoditas bawang terpantau mulai mengalami sedikit penurunan, yakni sebesar Rp100 per kilogram.

Meski stabil, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mencatat harga tersebut tertahan di angka yang tinggi dari harga normal.

Sebut saja telur ayam yang normalnya atau sebelum terjadi kenaikan berada di kisaran harga Rp23.000 hingga Rp24.000 per kilogram, kini tertahan di sekitar Rp29.000 hingga Rp30.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pangan harga cabai harga pangan
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top