Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AirAsia Ekspansi ke 3 Rute Domestik, Manfaatkan Momentum Liburan

AirAsia Indonesia melakukan ekspansi ke 3 rute domestik baru yang bertepatan dengan momentum liburan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  14:39 WIB
AirAsia Ekspansi ke 3 Rute Domestik, Manfaatkan Momentum Liburan
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014). AirAsia Indonesia melakukan ekspansi ke 3 rute domestik baru pada Juli 2022. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA - AirAsia Indonesia melakukan ekspansi ke 3 rute domestik, yakni Medan-Bali PP (mulai 8 Juli 2022), Medan-Bandung PP (mulai 21 Juli 2022), dan Balikpapan-Bali PP (mulai 7 Juli 2022).

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menjelaskan mulai Juli 2022, maskapai kembali memperluas rute penerbangan. Pembukaan layanan penerbangan di tiga rute ini bertepatan dengan musim libur pertengahan tahun.

Di sisi lain, rute-rute ini juga sekaligus membuka aksesibilitas langsung bagi turis asing yang berada di satu destinasi untuk menuju ke destinasi lanjutan lainnya dengan lebih mudah, terutama dari Bali.

"Bali telah menjadi destinasi utama turis asing dari berbagai negara dengan jumlah kedatangan melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai berjumlah 58.135, mayoritas dari Australia pada April 2022," ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (27/6/2022).

Jumlah kunjungan ini diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan penghapusan syarat asuransi bagi turis asing ke Indonesia yang juga bertepatan dengan puncak libur musim dingin di Australia. AirAsia bahkan mencatatkan peningkatan jumlah pemesanan di rute Perth-Bali sebesar 138 persen untuk perjalanan sampai dengan akhir Juni 2022.

Sebagian turis asing di Bali melanjutkan perjalanan mereka ke destinasi lain seperti Lombok, Labuan Bajo, Pulau Jawa dan lain-lain. Hal ini didukung oleh jalinan konektivitas penerbangan langsung dari Bali ke berbagai destinasi domestik lainnya di Indonesia.

Masa berlaku visa kunjungan bagi turis asing yang cukup panjang, mulai dari 30 hingga 60 hari, juga mendorong turis asing untuk memaksimalkan pengalamannya di Indonesia dengan berkunjung ke lebih dari satu destinasi, salah satunya ke Sumatera Utara.

Upaya AirAsia untuk membuka konektivitas langsung dari Bali ke Medan akan membuka aksesibilitas bagi turis asing yang berada di Bali untuk lebih mudah berkunjung ke Sumatera Utara. Dengan penerbangan langsung, biaya perjalanan turis akan relatif lebih murah dengan waktu tempuh yang lebih pendek sehingga akan lebih menarik bagi turis untuk berkunjung.

Tak hanya itu, Vera menilai untuk Sumatera Utara menyimpan potensi besar untuk menjadi destinasi yang paling diminati turis asing berikutnya setelah Bali karena beragam objek wisata alam, budaya hingga sejarah yang bisa dikunjungi.

"Oleh sebab itu melihat potensi peningkatan yang sangat besar terhadap jumlah pemesanan, kami optimis untuk mempersiapkan lebih banyak armada kami guna mengakomodir penambahan operasional di rute-rute lain yang berpotensi untuk dibuka kembali," jelasnya.

Adapun rute penerbangan Bali-Medan PP akan dilayani menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang dengan jatah bagasi gratis 20 kg dan beroperasi 4 kali dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airasia airasia indonesia rute baru maskapai penerbangan rute penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top