Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganti Pengendali Saham, Operasional AirAsia (CMPP) Terdampak?

PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) mengubah nama pemegang saham pengendali menjadi AIRASIA AVIATION GROUP LIMITED.
Pesawat Air Asia melintas di Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, Jumat (4/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya
Pesawat Air Asia melintas di Bandara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta, Jumat (4/5/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten maskapai swasta PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) mengumumkan perubahan pengendali saham kepada Bursa Efek Indonesia. 

Direktur & Sekretaris Perusahaan AirAsia Indonesia Leon Ruben mengatakan perubahan nama pemegang saham pengendali tersebut tidak akan memengaruhi atau berdampak pada operasional perusahaan.

"Tidak terdapat dampak yang signifikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan," tulisnya dikutip dari salinan Keterbukaan Informasi (KI) yang diterima Bisnis, Jumat (24/6/2022).

Adapun dalam KI tersebut, Leon menyampaikan adanya perubahan nama Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT AirAsia Indonesia Tbk. yang semula bernama AIRASIA INVESTMENT LTD menjadi AIRASIA AVIATION GROUP LIMITED.

Namu, dia menegaskan perubahan ini tidak merubah Pemegang Saham Pengendali Terakhir atau Ultimate Beneficial Owner (UBO) PT AirAsia Indonesia Tbk.

Adapun sebagai informasi, baru-baru ini AirAsia makin ekspansif dalam bisnis penerbangan domestik. Terkini, perseroan membuka tiga rute domestik baru, yakni Balikpapan-Bali, Medan-Bali dan Medan-Bandung PP untuk perjalanan mulai Juli 2022.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan peluncuran ketiga rute ini merupakan momentum yang signifikan bagi AirAsia yang diharapkan akan mendorong kunjungan dari dan antar wilayah Bali, Sumatera Utara, Kalimantan Timur dan Jawa Barat melalui konektivitas yang ditawarkan.

“Kami sangat bersemangat membuka rute langsung Medan-Bali, Balikpapan-Bali, dan Medan-Bandung," ujarnya dalam siaran pers, Senin (13/6/2022).

Dia menjelaskan rute Medan-Bali adalah rute baru AirAsia yang akan membuka konektivitas langsung antara Bali dan Medan untuk pertama kalinya setelah pandemi.

Sementara rute Medan-Bandung akan kembali hadir untuk melayani warga di kedua kota untuk mempermudah para mahasiswa kembali ke kampus menyambut tahun ajaran baru, seiring pemberlakuan pembelajaran tatap muka di berbagai kampus utama di Bandung dan sekitarnya.

AirAsia juga menambah destinasi Balikpapan ke dalam jaringannya dan merupakan destinasi AirAsia ke 15 yang dibuka kembali di Indonesia. Pelanggan AirAsia di Balikpapan nantinya dapat terhubung langsung ke Bali atau lanjut ke berbagai destinasi internasional yang terkoneksi dengan Bali seperti Perth, Bangkok, Kuala Lumpur, dan Singapura. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper