Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bahan Pokok Naik, Intip Daftar Harga Sembako Hari Ini

Bahan pokok seperti minyak, beras, gula, sayur, dan daging sangat cepat mengalami kenaikan. Simak harga bahan pokok hari ini.
Penjaga gudang beras sedang memeriksa kondisi gudang. Harga beras dan sembako hari ini mengikuti kondisi permintaan di pasar./ilustrasi
Penjaga gudang beras sedang memeriksa kondisi gudang. Harga beras dan sembako hari ini mengikuti kondisi permintaan di pasar./ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Harga komoditas bahan pokok terus merangkak naik dalam beberapa waktu belakangan. Terutama harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang kian meroket jelang Idul Adha.

Berdasarkan keputusan Menteri Industri dan Perdagangan No. 115/mpp/kep/2/1998, yang dikeluarkan pada 27 Februari 1998 menyebutkan bahwa, Sembilan Bahan Pokok atau Sembako adalah Sembilan jenis kebutuhan pokok warga.

Adapun 9 bahan pangan yang dimaksud ialah, beras, gula pasir, sayur dan buah, daging, minyak goreng, susu, telur, minyak tanah atau gas Elpiji, serta garam beriodium dan bernatrium.

Kenaikan komoditas pokok hampir selalu terjadi di setiap tahun jelang hari besar keagamaan seperti Natal, Idul Fitri dan Idul Adha. 

Dikutip dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), berikut daftar harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) per hari ini Selasa (21/6/2022).

Daftar Harga Sembako Hari Ini

1. Beras

Beras menjadi bahan pokok pertama yang menunjang kebutuhan makanan utama bagi masyarakat Indonesia. Mengingat, makanan utama para masyarakat Indonesia adalah nasi. Tak ayal seberapapun mahal harganya, komoditas ini akan tetap menjadi komoditas paling dicari. Beras memiliki berbagai macam jenis dan tingkat kualitas.

Berdasarkan kualitasnya, beras dikelompokkan kedalam 3 golongan, yakni beras kualitas bawah, beras kualitas medium dan beras kualitas super.

Rentang harga: Rp11.650 – Rp12.800/Kg

2. Gula Pasir

Kehadiran gula pasir di dapur adalah sebuah keharusan. Tak hanya jadi pelengkap untuk menyeduh minuman saja, saat memasak kehadiran gula juga dibutuhkan untuk menambah cita rasa.

Tak hanya itu, gula juga menjadi salah satu bahan dasar untuk membuat kue. Berdasarkan tabel harga bahan pokok yang dirilis oleh Pusat Informasi Pangan Strategis Nasional (PHPS) harga gula terpantau fluktuatif. Pada 14 Juni 2022 gula pasir premium dijual di angka Rp16.050/kilonya.

Sempat naik diangka  Rp16.100/kg pada 17 Juni 2022, kini harga gula terpantau melandai di kisaran harga Rp15.700/kg.

Rentang harga: Rp14.600 – Rp15.700/kg

3. Sayur dan Buah

Makan tak lengkap rasanya tanpa kehadiran sayur dan ditutup dengan buah. Kedua komoditas ini juga masuk kedalam Sembilan Bahan Pokok (Sembako).

Harga cabai merah di laman Pusat Inormasi Pangan Strategis Nasional (PHPS) per hari ini berada Rp73.000/kilogram. Rentang harga sayur dan buah: Rp1.900 – Rp200.000

4. Daging

Protein menjadi salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu makanan yang kaya akan protein adalah daging.

Per hari ini, Selasa (21/6/2022) harga daging ayam tercatat ada di angka Rp37.250/kg. Sementara harga daging sapi terpantau statis dikisaran Rp126.750 hingga Rp137.000/kilogram.

Rentang harga: Rp37.000 – Rp137.000/kg

5. Minyak Goreng

Minyak goreng wajib dimiliki oleh setiap orang di dapur. Lantaran, minyak ini dibutuhkan untuk mengolah bahan makanan yang hendak di masak.

Berdasarkan jenisnya, minyak goreng terdiri dari berbagai macam misalnya, minyak zaitun, minyak wijen, dan yang paling umum digunakan ialah minyak goreng sawit. 

Sempat menjadi polemik pada awal tahun 2022 kemarin, kini harga minyak goreng curah bisa Anda dapatkan di angka Rp18.000/kilo. Rentang harga: Rp18.000 – Rp25.850

6. Susu

Susu kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi oleh semua kalangan, baik bayi, remaja, dewasa hingga lansia. Kandungannya yang kaya akan kalsium sangat bagus untuk memelihara kesehatan tulang Anda. Selain itu, susu juga kerap dijadikan sebagai bahan olahan untuk membuat kue. Untuk harganya, susu memiliki rentang harga yang variatif mulai dari susu sachet yang bisa Anda dapat di harga mulai dari Rp3.500.

7. Telur

Sumber protein lainya yang banyak dicari oleh masyarakat di Indonesia adalah telur. Selain kaya akan nutrisi, telur juga mudah diolah. Per hari ini, Selasa (21/6/2022) harga telur ayam ada di angka Rp29.000/kilogram.

8. Elpiji

Elpiji digunakan sebagai pengganti minyak tanah. Gas Elpiji sendiri dapat dijumpai dalam dua kemasan. Anda tentu sudah tidak asing dengan gas melon bukan? Gas melon 3kg kini ada di angka Rp23.000 sementara Harga gas Elpiji 12kg bisa Anda dapatkan di harga Rp145.000 (refill) dan Rp513.000 (pembelian perdana).

9. Garam

Garam menjadi salah satu sembako yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Tanpa kehadiran garam, masakan akan terasa hambar. Garam bisa Anda temui dalam berbagai kemasan. Mulai dari kemasan kecil yang bisa Anda dapat dengan harga Rp2.000 hingga kemasan besar yang ada di kisaran harga Rp13.900.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper