Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Dorong IKM Sebagai Basis Perekonomian Rakyat  

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dukung penguatan ekonomi industri kecil menengah untuk pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi
Ilustrasi pembuatan masker oleh industri kecil menengah./Antara-Adeng Bustomi
Ilustrasi pembuatan masker oleh industri kecil menengah./Antara-Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Industri Kecil dan Menengah (IKM) menjadi basis pertumbuhan ekonomi Indonesia pascakelesuan akibat Covid-19 melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan, gerakan itu berawal ketika Indonesia pertama kali menghadapi pandemi.

"Sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden, saat itu, bagaimana kita mendorong industri kecil menengah sebagai basis perekonomian rakyat di tengah pandemi," kata Reni dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertema “BBI, Jurus Kunci Bangkitkan Gairah IKM“, Senin, (20/6/2022).

Kampanye Gernas BBI, tuturnya, akan digelar di 12 provinsi dan Juni ini, akan digelar di Lampung melalui Lagawi Fest bersama Kementerian Perindustrian selaku majaer ujung tombak kampanye.

Dia menjelaskan, Gernas BBI dituntut untuk tidak hanya menciptakan produk, namun juga soal bagaimana produk itu disajikan secara berbeda. Artinya, produk IKM itu disajikan secara digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

"Dengan adanya tuntutan tersebut, Gernas BBI ini ditargetkan akan meningkatnya IKM atau UMKM yang onboarding. Jadi dari target 11,7 juta nanti menjadi 30 juta di tahun 2023," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan adanya peningkatan jumlah belanja serta konsumen terhadap produk artisan melalui Gernas BBI ini. Pihaknya akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para IKM untuk meningkatkan nilai produk.

"Terakhir adalah bagaimana kita mendorong partisipasi Pemda dan juga top brand yang ada. Supaya sama-sama kita mengolah potensi sumber daya alam yang ada ini, plus juga IKM yang ada untuk meningkatkan nilai tambah produk secara online," katanya.

Dia menuturkan, Kementerian Perindustrian sudah melaksanakan program e-smart sejak 2017. Program ini secara khusus mengenalkan IKM dengan digitalisasi baik dari segi pemasarannya maupun pembukuan.

"Saat ini IKM yang sudah masuk ke literasi digital mencapai 22,515 IKM dan yang sudah on boarding sekitar 14,125 IKM dengan menggandeng sejumlah marketplace yang ada," paparnya.

Terkait Lagawi Fest di Lampung, Reni mengatakan provinsi itu merupakan pintu masuk bagian selatan pulau Sumatera. Selain itu, pontesi SDA serta industri manufakturnya juga meningkat.

"Jadi kami, melalui Gernas BBI Lagawi Fest ini mencoba menggerakan wirausaha baru di Lampung untuk mengembangkan inovasi terhadap produk yang dihasilkan untuk lebih mengenalkan dengan masuk di berbagai marketplace," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper