Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tiket Pesawat Mahal, Menparekraf Sandiaga Uno: Bandung Alternatif Utama Liburan

Melihat kenaikan harga tiket pesawat akan mendorong masyarakat untuk mencari alternatif liburan yang dekat dan terjangkau, salah satunya Bandung.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  12:15 WIB
Tiket Pesawat Mahal, Menparekraf Sandiaga Uno: Bandung Alternatif Utama Liburan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno memperkirakan Bandung akan menjadi alternatif utama liburan seiring dengan mahalnya harga tiket pesawat. - Bandung/Pegipegi

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melihat Kota Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya akan menjadi alternatif berlibur di tengah kenaikan harga tiket pesawat.

Menjelang libur sekolah, Sandi menyampaikan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bersiap karena Bandung nantinya akan menjadi pilihan utama berlibur. 

“Bandung Raya ini akan mendapatkan limpahan dari wisatawan yang tidak bisa berwisata karena harga tiket meningkat, jadi pilihan utamanya Bandung,” ujar Sandi saat meresmikan pembukaan Hotel Moritz Bandung yang disiarkan melalui Instagram Live @kemenparekraf.ri, Minggu (19/6/2022). 

Kenaikan harga tiket pesawat sendiri dipengaruhi oleh harga avtur. Hal ini dapat memicu masyarakat untuk menahan diri untuk berlibur ke tempat yang menggunakan akses pesawat. 

Tak hanya avtur, frekuensi penerbangan yang belum sepenuhnya normal pun membatasi jumlah penerbangan yang ada. 

Sandi pun meminta pemerintah dan pelaku pariwisata di Bandung dan sekitarnya untuk menyiapkan destinasi agar tidak terjadi penumpukan di satu titik tempat wisata. 

“Jadi siap siap, akan ada revenge traveling, kita harus cepat menyesuaikan pasukan kita, homestay bisa ditingkatkan, disiapkan desa wisata di sekitar Kota Bandung harus dijadikan alternatif,” lanjut Sandi. 

Meskipun di tengah kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, Sandiaga tetap meminta masyarakat untuk waspada. Sandi pun melihat industri pariwisata Indonesia sudah mulai bergerak cepat dalam menerapkan bisnis di tengah pandemi. 

Beberapa desa wisata yang dapat menjadi pilihan berlibur di sekitaran Kota Bandung, yakni Desa Wisata Alamendah dan Lebakmuncang yang menawarkan berbagai aktivitas luar ruang. 

Sementara itu, dibukanya Hotel Moritz Bandung menambah daftar akomodasi di Bandung serta membuka lapangan pekerjaan di Kota Kembang tersebut. 

“Bandung Raya jadi pilihan utama, jadi prospeknya sangat baik,” tutup Sandi. 

Pada tahun ini, Kemenparekraf menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 hingga 3,6 juta kunjungan, sementara untuk perjalanan domestik diprediksi mencapai 550 juta perjalanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata bandung sandiaga uno
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top