Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Stasiun Matraman Bisa Urai Kepadatan Penumpang KRL di Stasiun Manggarai

Pengoperasian Stasiun Matraman dinilai bisa mengurai kepadatan penumpang KRL di Stasiun Manggarai.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  09:55 WIB
Stasiun Matraman Bisa Urai Kepadatan Penumpang KRL di Stasiun Manggarai
Penampakan kondisi Stasiun Matraman, Jakarta yang akan segera dioperasikan untuk mendukung Stasiun Manggarai setelah adanya switch over atau SO 5 / Dok. PT Kereta Commuter Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA - Stasiun Matraman akan segera beroperasi untuk mengurai kepadatan penumpang KRL di Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan pengoperasian Stasiun Matraman diharapkan bisa membantu mengurangi beban kapasitas Stasiun Manggarai yang meningkat setelah adanya switch over atau SO 5, yang menyebabkan pola operasi dan transit berubah khususnya bagi lintas Bogor dan Bekasi/Cikarang.

"Dalam waktu dekat ini, KAI Commuter bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan PT KAI Daop 1 akan mengoperasikan Stasiun Matraman yang berada di antara lintas Stasiun Manggarai dan Stasiun Jatinegara," kata Anne dalam siaran pers, Minggu (12/6/2022).

Dia menuturkan Stasiun Matraman terletak di antara Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai. Untuk bersiap jelang pengoperasian, operator layanan KRL dan pemerintah telah melakukan uji coba perjalanan KRL sekaligus untuk uji coba sistem persinyalan.

Selama dua pekan perubahan pola operasi akibat SO 5, yakni sejak Sabtu (28/5/2022), tren pengguna KRL Jabodetabek di Stasiun Manggarai pada hari kerja tercatat lebih dari 5,6 juta orang atau rata-rata 622.952 orang per hari. Volume tertinggi tercatat pada Senin (6/6/2022), yakni sebanyak 640.286 orang.

Adapun, volume pengguna pada akhir pekan atau hari libur, volume penumpang melampaui 2,3 juta orang atau rata-rata 462.249 orang per harinya. Volume tertinggi yakni pada Sabtu (4/6/2022), sebanyak 500.761 orang.

Sementara itu, volume pengguna KRL yang transit di Stasiun Manggarai pada dua pekan terakhir rata-rata sebanyak 135.000 sampai dengan 145.000 orang. KAI Commuter mencatat volume pengguna transit tertinggi pada Senin (6/6/2022), sebanyak 144.855 orang.

"Rata-rata volume per hari pengguna KRL yang naik di Stasiun Manggarai sebanyak 12.423 pengguna, dan rata-rata volume perhari pengguna yang turun sebanyak 12.858 pengguna," ujar Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl krl jabodetabek stasiun
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top