Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Citilink Buka Rute Medan–Penang dan Denpasar–Dili

Citilink Indonesia membuka rute internasional baru, yakni Medan–Penang PP dan Denpasar–Dili PP.
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktifitas penerbangan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/2/2020). Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Citilink Indonesia mulai membuka rute penerbangan internasional menuju Penang, Malaysia, dan Dili, Timor Leste, Jumat (10/6/2022). Pembukaan kedua rute tersebut diharapkan bisa menggairahkan kembali pariwisata.

Adapun, penerbangan menuju Penang yakni dengan rute Medan–Penang pp. Sementara itu, pada waktu yang sama anak perusahaan Garuda Indonesia itu kembali membuka rute Denpasar–Dili pp.

Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai mengatakan bahwa saat ini baik Indonesia dan Malaysia sama-sama sudah memasuki periode transisi pandemi menuju ke endemi. Oleh sebab itu, kedua negara juga telah memberlakukan kebijakan bebas karantina bagi wisatawan mancanegara.

Pembukaan rute Medan--Penang pp dilakukan mengingat Medan merupakan pintu gerbang Indonesia bagian Barat dan menjadi salah satu kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, Medan dinilai memiliki potensi ekonomi perdagangan dan jasa yang besar.

Sementara itu, Penang dinilai sebagai kota dengan potensi wisata budaya, sejarah, dan juga medis yang banyak diminati oleh wisatawan mancanegara.

Citilink juga berharap pengoperasian kembali penerbangan internasional rute Denpasar–Dili pp. dapat memberikan kemudahan bagi para pelaku perjalanan bisnis maupun pariwisata.

"Kami berharap ini dapat menjadi awal yang baik untuk pembukaan kembali rute internasional Citilink serta dapat berkontribusi dalam pemulihan sektor ekonomi maupun pariwisata antar negara," kata Dewa melalui siaran pers, Jumat (10/6/2022).

Penerbangan rute Medan–Penang pp. akan beroperasi setiap hari, sedangkan rute Denpasar–Dili pp. akan beroperasi hanya pada hari kerja (Senin-Jumat) dengan menggunakan pesawat Airbus A320.

Bersamaan dengan masih berlakunya PPKM, Citilink menegaskan akan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangan. Mulai dari sebelum hingga setelah penerbangan dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Di sisi lain, Citilink bukan satu-satunya maskapai yang membuka rute penerbangan ke luar negeri. Beberapa maskapai sudah dan akan segera membuka rute penerbangan mancanegara sejalan dengan pengendalian pandemi Covid-19 yang semakin membaik.

Contohnya, Batik Air membuka rute Bali-Melbourne pada 17 Juni 2022, dan AirAsia membuka rute Bali-Perth mulai 15 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper