Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Jamin Ketersediaan Minyak Goreng, Segini Harganya di Pasar Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan optimistis harga minyak goreng curah bisa turun ke level Harga Eceran Tertinggi (HET).
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  12:16 WIB
Luhut Jamin Ketersediaan Minyak Goreng, Segini Harganya di Pasar Hari Ini
Minyak goreng curah - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan memastikan harga minyak goreng curah bisa turun di kisaran Rp14.000-Rp15.000 per liter.

Luhut memaparkan sejumlah manuver yang dilakukan pemerintah untuk menjamin ketersediaan minyak goreng sehingga dapat dibeli dengan harga yang terjangkau.

Beberapa manuver tersebut, yaitu keseimbangan industri minyak goreng hulu dan hilir, kebijakan larangan ekspor yang sudah dicabut, pengubahan kebijakan minyak goreng curah dari berbasis subsidi menjadi pemenuhan kewajiban pasar domestik (DMO) dan kewajiban harga domestik (DPO), serta penyaluran minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) kepada daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau oleh program ini dengan baik.

“Di tengah kondisi global yang tidak menentu tersebut, pengendalian harga minyak goreng bukanlah pekerjaan yang mudah dilaksanakan. Banyak hal yang harus kami pertimbangkan dan seimbangkan supaya semua tujuan yang diharapkan dapat tercapai dengan baik dan tepat sasaran,” ujar Menko Luhut, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (5/6/2022).

Tak hanya itu, Luhut juga menegaskan akan mengaktifkan semua sistem digitalisasi masuk ke dalam Peduli Lindungi untuk menekan harga minyak goreng hingga ke level HET Rp14.000 per liter.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional per hari ini, Senin (6/6/2022), harga minyak goreng curah naik 4,11 persen menjadi Rp19.000 per liter dari Jumat (3/6/2022).

Sementara itu, harga minyak goreng kemasan bermerek 1 naik 0,19 persen menjadi Rp26.500 per liter dan harga minyak goreng kemasan bermerek 2 juga naik 1,77 persen menjadi Rp25.850 per liter pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak goreng ekspor cpo Luhut Pandjaitan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top