Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Singgung Cara Luhut Audit Impor, Bakal Diterapkan di Industri Farmasi?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berseloroh ingin mengikuti cara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk melakukan audit menyeluruh terkait impor bahan baku obat (BBO).
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 02 Juni 2022  |  17:36 WIB
Menkes Singgung Cara Luhut Audit Impor, Bakal Diterapkan di Industri Farmasi?
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyinggung perihal audit impor bahan baku obat (BBO) yang akan meniru cara yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Luhut menyampaikan rencana melakukan audit menyeluruh dalam kaitannya dengan industri sawit dan minyak goreng di Tanah Air.

"Bagi importir obat, nanti kalau saya ikut caranya Pak Luhut, kami bisa audit impor para pemain besar industri farmasi dari mana saja ke Bea Cukai," ujar Budi di acara peresmian pabrik BBO Kimia Farma di Cikarang, Kamis (2/6/2022).

Hal tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah melakukan transformasi sistem ketahanan kesehatan, beberapa di antaranya dengan pengembangan BBO domestik dan program 'pemaksaan' pembelian produk dalam negeri.

Sebelumnya, Budi juga sudah mensinyalir adanya mafia yang menghalangi industri farmasi Tanah Air dalam mengembangkan obat berbasis plasma secara mandiri.

Menurutnya, mafia di industri kesehatan tersebut menghambat langkah sektor farmasi dalam negeri dalam mengoptimalkan potensi Indonesia menjadi negara produsen obat berbasis plasma terbesar keempat dunia.

"Pasti ada mafia yang tidak mau kita bikin pabrik di sini. Kalau mau dibikin pasti hitungan selalu tidak untung. Saya sebagai bankir, pasti ada cara agar bisa untung. Apalagi negara mau bantu," ujar Budi.

Dia menambahkan, pemerintah akan membantu melindungi pelaku industri yang terganjal oleh pedagang-pedagang obat impor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

farmasi bahan baku obat Luhut Pandjaitan
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top