Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jasa Marga Panen Cuan, 3,17 Juta Kendaraan Melintas di Tol JSMR Kuartal I/2022

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatatkan peningkatan volume lalu lintas dari seluruh ruas jalan tol yang dikelola selama kuartal I/2022.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 23 Mei 2022  |  16:15 WIB
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P
Kendaraan melintas di dekat logo PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatatkan peningkatan volume lalu lintas dari seluruh ruas jalan tol yang dikelola selama kuartal I/2022.

Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan pihaknya volume lalu lintas pada kuartal I/2022 sebanyak 3,17 juta kendaraan. Jumlah itu tercatat meningkat 12,8 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Heru menuturkan, ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi penyumbang terbesar volume lalu lintas Jasa Marga.

"Peningkatan mobilitas di ruas jalan tol Jasa Marga Group seiring dengan kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi serta beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru dan peningkatan mobilisasi masyarakat yang menjadi katalis positif," ujarnya kepada Bisnis, Senin (23/5/2022).

Heru mengatakan hingga Kuartal I/2022, Jasa Marga menambah jalan tol operasi dengan pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,42 kilometer. Pengoperasian dari seksi akhir Jalan Tol Manado-Bitung melengkapi ruas yang lebih dulu dioperasikan pada September 2020 lalu yaitu Ruas Manado-Danowudu sepanjang 26,35 Km.

Tidak hanya menambah panjang jalan tol operasi, pada Januari 2022, konsorsium Jasa Marga melalui PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) konsorsium BUMN-Swasta pemenang lelang pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) jalan tol tersebut. Dengan total panjang 206,65 km, menjadikan ruas ini sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia, dengan nilai investasi sebesar Rp56 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Menurutnya, dengan bertambahnya panjang jalan tol operasi dan konsesi pada Kuartal I/2022, emiten berkode saham JSMR itu masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol yang telah beroperasi hingga Kuartal I/2022 sepanjang 1.260 km yang merupakan 51 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

"Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga hingga akhir 2021 mencapai 1.809 kilometer di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga jsmr
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top