Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Ridwan Djamaluddin, Pj Gubernur Babel Rangkap Jabatan Dirjen Minerba

Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin resmi dilantik sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel).
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  15:47 WIB
Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin. - Kementerian ESDM
Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin. - Kementerian ESDM

Bisnis.com. JAKARTA — Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Djamaluddin resmi dilantik sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ridwan dilantik sebagai Pj Gubernur Babel untuk menggantikan Erzaldi Rosman yang habis masa jabatannya selaku gubernur definitif Babel.

Meski menjadi Pj Gubernur Babel, Ridwan dipastikan tetap mengemban amanat sebagai Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM. Artinya, Ridwan bakal merangkap jabatan sebagai PJ Gubernur Babel dan Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM.

“Beliau masih Dirjen Minerba Kementerian ESDM,” kata Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sunindyo Suryo Herdadi melalui pesan WhatsApp, Kamis (12/5/2022).

Adapun, Ridwan menjabat sebagai Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sejak 2020. Sebelum bergabung di Kementerian ESDM, Ridwan lebih dahulu bergabung di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Di Kemenko Marves, Ridwan sempat menduduki sejumlah posisi penting di antaranya Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi dan Deputi bidang Koordinasi Infrastruktur. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT).

Malahan, dia juga tercatat pernah menduduki posisi strategis sebagai komisaris di PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Latar belakang pendidikan Ridwan juga terbilang moncer. Selepas belajar di Institutt Teknologi Bandung (ITB), Ridwan mengambil program pascasarjana di University of Twente Belanda dan menyelesaikan program doktor dari Texas A&M University jurusan Geografi.

Untuk diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik lima pejabat gubernur. Mereka menggantikan kepala daerah sebelumnya yang telah habis masa jabatannya.

Gubernur yang digantikan adalah untuk wilayah Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Para pejabat akan menjadi gubernur selama satu tahun. Hal tersebut mengacu pada Keputusan Presiden No. 50/P/2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

“Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” kata Tito usai membacakan sumpah kepada para penjabat gubernur yang disiarkan melalui virtual, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, para penjabat gubernur yang dilantik Tito yaitu Al Muktabar (Banten), Ridwan Djamaluddin (Bangka Belitung), Hamka Hendra Noer (Gorontalo), Akmal Malik (Sulawesi Barat), dan Paulus Waterpauw (Papua Barat).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

esdm minerba pj gubernur
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top