Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Pertalite Naik, BPH Migas Jamin Kuota Aman Hingga Akhir 2022

BPH Migas sudah menyalurkan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite RON 90 mencapai 39 persen hingga April 2022.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 11 Mei 2022  |  19:31 WIB
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas memastikan kuota Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite RON 90 tetap tersedia cukup hingga akhir 2022.

Direktur BBM BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak mengatakan lembaganya tengah bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan penyaluran BBM bersubsidi itu tepat sasaran seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat pada awal tahun ini.

“Kita memastikan bahwa yang mengisi Pertalite betul-betul yang layak yang berhak agar kuota bisa mencukupi sampai di akhir 2022,” kata Alfon saat konferensi pers penutupan posko sektor ESDM di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Alfon menambahkan lembaganya sudah menyalurkan JBKP mencapai 39 persen hingga April 2022. Sementara itu, selama masa lebaran, permintaan untuk Pertalite RON 90 naik hingga 46 persen dari penjualan normal.

“Memang untuk Pertalite RON 90 sendiri itu terjadi peningkatan rata-rata 36,1 persen dan puncaknya 46 persen dari rata-rata penjualan normal,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Pertamina (Persero) masih belum memutuskan untuk melakukan penyesuaian harga jual bahan bakar minyak (BBM) meski harga minyak dunia tinggi.

Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan pihaknya masih melakukan kajian terkait harga BBM dengan mempertimbangkan pergerakkan harga minyak dunia.

“Pertalite dan Solar merupakan BBM bersubsidi yang penentuan harganya merupakan kewenangan dari Pemerintah. Kami masih melakukan review dengan melihat perkembangan harga minyak dunia,” kata Irto kepada Bisnis, Senin (9/5/2022).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Harga BBM bbm subsidi bph migas BBM Pertalite
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top