Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara YIA Kembali Layani Rute Internasional Jelang Lebaran

AP I menuturkan Bandara YIA kembali melayani penerbangan rute internasional jelang Lebaran 2022.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 30 April 2022  |  10:24 WIB
Bandara YIA Kembali Layani Rute Internasional Jelang Lebaran
Penumpang keluar dari area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5/2019). - ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I menyebut Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK 348 dengan rute asal Kuala Lumpur (KUL).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi menjelaskan penerbangan ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak YIA beroperasi secara penuh bersamaan dengan berlangsungnya pandemi Covid-19 di Indonesia sejak 2020.

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA pada 29 April 2022, pukul 17.30 WIB dengan membawa 171 penumpang yang 59 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

“AP I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta menyambut baik beroperasinya penerbangan rute internasional dari AirAsia yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur," ujarnya,

Dia optimis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan pergerakan penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta,.

Usai ditetapkan menjadi entry point berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No. 42/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), YIA merupakan bandara kelima di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional.

Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara akan beroperasi dengan frekuensi 2 kali dalam 1 minggu, yaitu pada Jumat dan Minggu. AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana hari ini mencapai kapasitas jumlah penumpang (load factor) 92 persen.

Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya pemulihan sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemi.

"Kita akan terus berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura I untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara angkasa pura i lebaran new yogyakarta international airport
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top