Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik 2022: Ini Sisa Kuota Angkutan Motor Gratis

KAI Logistik menjelaskan sisa kuota angkutan motor gratis untuk mudik Lebaran 2022.
Petugas  menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Petugas menaikkan sepeda motor peserta program angkutan sepeda motor gratis Kereta Api di stasiun logistik Kampung Bandan, Jakarta, Senin (11/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah kembali menggelar Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) untuk mudik Lebaran melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan RI tahun ini. 

Program tersebut diselenggarakan pertama kali setelah dua tahun pandemi Covid-19 dan akan dilayani oleh KAI Logistik. Manager Public Relations & CSR KAI Logistik Adjeng Putri mengatakan kuota yang disiapkan yakni 9.280 sepeda motor. Pendaftaran untuk angkutan Motis dibuka sejak Rabu (20/4/2022), sampai dengan Minggu (8/5/2022).

Adjeng mengatakan bahwa kuota angkutan Motis sudah terisi sebanyak 1.350 pendaftar atau sepeda motor sampai dengan Kamis (21/4/2022) pukul 16.00 WIB. Dia menyampaikan bahwa rute favorit angkutan motor gratis, yakni ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Tiga stasiun tujuan dengan peminat yang paling banyak di antaranya Kutoarjo, Semarang Tawang dan Lempuyangan dengan stasiun keberangkatan dari Jakarta Gudang," jelas Adjeng, Kamis (21/4/2022).

Adapun, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjuk KAI Group melalui KAI Logistik untuk melayani angkutan motor gratis 2022 dengan waktu pelaksanaan angkutan mulai 26 April-09 Mei 2022. Penunjukkan KAI Logistik merupakan yang kedua kalinya.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut program ini bertujuan untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melakukan mudik. Seperti diketahui, sebanyak 85 juta masyarakat berencana untuk melakukan perjalanan mudik dan 47 persen di antaranya menggunakan transportasi darat, termasuk sepeda motor.

Zulfikri mengkhawatirkan risiko keselamatan yang tinggi jika memaksakan diri untuk mudik dengan kendaraan roda dua. Program Motis diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan roda dua dan memanfaatkan layanan yang disiapkan oleh pemerintah.

Layanan angkutan motor gratis dibuka untuk pemudik yang sudah membeli tiket kereta api, serta pemudik yang juga menggunakan bus atau jasa travel.

"Tentu antusiasme masyarakat yang besar perlu kita antisipasi agar mudik dapat dilaksanakan dengan selamat, aman, dan menimbulkan rasa bahagia bagi pelakunya," jelas Zulfikri dikutip dari siaran pers, Kamis (21/4/2022).

Di samping itu, Zulfikri menegaskan protokol kesehatan tetap perlu ditegakkan dalam penyelenggaraan Motis. Calon peserta Motis diimbau untuk tetap mematuhi persyaratan perjalanan yang berlaku sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No.39/2022, yang juga telah ditambahkan (addendum) dengan SE No.49/2022, sehingga dapat memenuhi ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mendukung penuh program Motis dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

"Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2022 ini," jelas Didiek.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah menjelaskan bahwa masyarakat yang ingin menggunakan layanan Motis dapat melakukan pendaftaran baik secara online melalui bit.ly/motis2022, atau secara langsung dengan mengunjungi stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Malik memastikan kesiapan pendukung operasional baik sarana, SDM hingga sistem untuk siap mengangkut 9.280 motor untuk arus mudik dan balik, sesuai dengan kuota yang disediakan oleh pemerintah.

"Kami sangat senang dapat terlibat dan menjadi bagian dari serangkaian kegiatan mudik dimana ini merupakan mudik pertama di masa pandemi," jelas Malik.

Rute Angkutan Motor Gratis 

Angkutan Motis 2022 melayani berbagai rute dengan perjalanan pulang pergi (PP), dan tersedia di dua jalur yaitu Lintas Utara dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Kemudina, untuk Lintas Selatan dimulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, dan Stasiun Purwosari.

Pemerintah menyediakan kuota harian sejumlah 928 unit motor yang diangkut menggunakan dua (2) kereta api dengan rangkaian masing-masing delapan (8) gerbong bagasi (Gerbong B), dan akan berjalan setiap hari selama periode arus mudik pada 26-30 April 2022. Setelah itu, angkutan Motis dilanjutkan pada periode arus balik pada 5-9 Mei 2022.

Selama pengiriman, peserta juga dapat melakukan pelacakan secara mandiri melalui aplikasi KAI Access maupun website kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor resi pengiriman.

Selama penyelenggaraan program, seluruh rangkaian proses angkutan mulai dari penerimaan, pengepakan/packing, pemuatan ke dalam gerbong, pembongkaran dari gerbong hingga penyerahan kepada peserta motis, akan dilayani oleh KAI Logistik selaku pihak penyelenggara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper