Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Siap Tambah Perjalanan Kereta Api Mudik Antisipasi Lonjakan Penumpang

KAI akan menambah perjalanan kereta api untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik Lebaran.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 20 April 2022  |  13:07 WIB
KAI Siap Tambah Perjalanan Kereta Api Mudik Antisipasi Lonjakan Penumpang
Seorang calon penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/7/2021). - ANTARA FOTO/Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menambah perjalanan kereta api angkutan mudik Lebaran 2022 untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa selama masa angkutan lebaran dari 22 April–3 Mei 2022, terdapat 3.860 perjalanan kereta api jarak jauh reguler yang dioperasikan, atau rata-rata 167 perjalanan kereta api setiap harinya.

Kemudian, KAI juga menyediakan 770 perjalanan kereta api jarak jauh tambahan yang dioperasikan, atau rata-rata 35 perjalanan kereta api setiap harinya.

Joni tengah membahas rencana penyediaan perjalanan tambahan apabila nantinya volume pergerakan penumpang melebihi dari yang disediakan pada saat puncak arus mudik.

"Kami akan rilis secara resmi jika sudah siap, tetapi bocoran dari kami bahwa akan ada kereta api tambahan ekstra," jelasnya dalam media briefing, Selasa (19/4/2022).

KAI mengimbau agar para pelanggan bisa mengecek secara berkala melalui KAI Access dan website penjualan tiket kereta api resmi lainnya.

Saat ini, 45 persen dari tiket kereta api untuk mudik Lebaran tahun ini sudah dipesan. Tiket kereta api paling banyak dipesan untuk perjalanan H-2 dan H+4 Idulfitri, yang jatuh pada 2 Mei 2022.

Sampai dengan kemarin, Selasa (19/4/2022), pemesanan tiket kereta api untuk sebelum Idulfitri paling banyak untuk keberangkatan pada 30 April 2022, atau H-2 Idulfitri. Sebesar 67 persen dari tempat duduk yang disediakan untuk angkutan mudik sudah dipesan.

"Kalau bicara angka [pemesanan] tertinggi [sebelum] Lebaran atau arus mudik itu pada H-2 atau 30 April. Kami lihat [pemesanan] sudah mencapai 67 persen dari total yang disediakan," ujar Joni.

Sementara itu, tiket juga paling banyak dipesan untuk keberangkatan 7 Mei 2022 atau sekitar H+4 Idulfitri. Sebanyak 112.000 tiket disiapkan untuk keberangkatan pada saat itu, dan 60 persen di antaranya sudah dipesan oleh masyarakat.

Adapun, tiket kereta api jarak jauh untuk angkutan mudik Lebaran 2022 secara keseluruhan sudah terjual 45 persen, dari total 2,4 juta tempat duduk yang disediakan. Sampai dengan hari ini, Selasa (19/4/2022), tiket yang sudah terjual yakni sekitar 1,1 juta tiket dari kuota yang disediakan.

"Sampai dengan tanggal 19 April, sudah terupdate dari total 2,4 juta [tempat duduk] sudah terjual sekitar 1.102.000 tempat duduk atau 45 persen. Artinya, ini akan masih cukup banyak tersedia," tutur Joni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api pt kereta api indonesia Mudik Lebaran mudik Info Mudik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top