Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Furniture yang Harus Ada dalam Apartemen Studio Agar Terkesan Luas

Dengan ukuran apartemen studio yang cenderung sempit, pemilihan furniture harus dilakukan secara tepat agar terlihat rapi dan menghindari kesan sumpek.
Faustina Prima Martha
Faustina Prima Martha - Bisnis.com 20 April 2022  |  01:21 WIB
Lima Furniture yang Harus Ada dalam Apartemen Studio Agar Terkesan Luas
Ilustrasi-Apartemen tipe studio - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Apartemen studio menjadi primadona tempat tinggal bagi generasi milenial, karena harganya yang terjangkau dan lokasinya yang strategis.

Apartemen tipe studio sendiri merupakan apartemen yang hanya memiliki satu ruangan multifungsi. Ruangan ini dapat difungsikan sebagai kamar tidur, ruang tamu, ruang TV, dapur, dan ruang kerja, semua ruangan ini tanpa sekat kecuali kamar mandi. Adapun total luas apartemen studio umumnya berkisar antara 20 m² – 40 m².

Akan tetapi, dengan ukuran apartemen studio yang cenderung sempit, pemilihan furniture harus dilakukan secara tepat agar terlihat rapi dan menghindari kesan sumpek.

Oleh karena itu, penghuni perlu memastikan bentuk, jenis, maupun kondisi ruangan pada apartemen studio sebelum memutuskan membeli furniture. Untuk mengisi furniture apartemen studio, tidak perlu terlalu banyak, melainkan cukup dengan lima furniture berikut, sehingga apartemen studio dapat terlihat luas dan rapi. Adapun kelima furniture utama yang harus ada di dalam apartemen studi yang dirangkum oleh Bisnis, Selasa (19/04/2022).

  1. Matras atau Kasur

Pemilihan matras atau kasur untuk apartemen tipe studio harus dilakukan dengan tepat agar ruangan tidak terkesan sempit. Oleh karena itu, penghuni harus mengukur terlebih dahulu besar ruangan yang akan dipasangi matras. 

Kebanyakan penghuni apartemen studio akan lebih memilih menggunakan matras tanpa memakai dipan tambahan. Tetapi, jika anda ingin menambahkan dipan, anda bisa memilih dipan yang dilengkapi dengan laci penyimpanan, sehingga anda dapat menyimpan lebih banyak barang dan menghemat ruang. 

  1.  Kursi

Untuk menunjang aktivitas bekerja atau belajar di dalam apartemen, anda memerlukan kursi. Agar menghemat ruang, anda tidak perlu membeli beragam jenis kursi yang berbeda. Anda bisa memilih jenis kursi makan yang dapat dijadikan sebagai kursi kantor. Agar nyaman saat bekerja dalam waktu lama, pilihlah jenis kursi yang memiliki dudukan dan sandaran yang nyaman untuk mencegah pegal saat bekerja.

  1.  Meja kantor

Meja kantor adalah salah satu furniture yang wajib ada di dalam apartemen studio. Meja kantor akan menunjang aktivitas bekerja atau belajar. Agar lebih fungsional dan hemat ruang, anda dapat memilih desain meja kantor yang dilengkapi dengan laci penyimpanan, sehingga anda tidak memerlukan laci atau lemari tambahan untuk menyimpan barang. Selain itu, memilih meja kantor yang dapat dilipat juga dapat menimbulkan kesan luas pada apartemen studio. Pilihlah material meja yang ringan dan mudah dibersihkan, agar meja kantor juga dapat difungsikan sebagai meja makan.

  1. Rak dinding

Alih-alih memilih lemari penyimpanan besar, karena apartemen studio memiliki ukuran ruangan yang terbatas, anda dapat memilih rak dinding yang lebih fleksibel. Sehingga, tidak memerlukan banyak ruangan di dalam apartemen. Rak dinding harus cukup kuat untuk menahan beban sehingga anda bisa menyimpan lebih banyak barang di dalamnya. Untuk menghindari debu dan kotoran, anda dapat memilih rak dinding yang telah dilengkapi dengan pintu kayu atau kaca. 

  1. Kabinet dapur

Meski tidak memiliki ruangan yang besar, tetapi anda tetap harus memiliki kabinet dapur (kitchen set). Cukup gunakan kabinet dapur yang dilengkapi dengan laci penyimpanan bagian bawah dan kabinet atas.  

Di samping pemilihan furniture di atas, penggunaan cermin dapat dilakukan agar apartemen terlihat lebih luas. Peletakkan cermin dapat memberi kesan ilusi pada ruangan agar terlihat seolah-olah lebih luas. Selain lebih luas, penggunaan cermin pada apartemen dapat memberi kesan ruangan yang lebih terang.

Memberi dekorasi yang simpel pada ruang apartemen dapat meningkatkan suasana, agar tidak monoton. Dekorasi pada ruang apartemen dapat berupa wallpaper dinding bermotif sederhana atau tanaman hias berukuran kecil seperti succulent dapat menambah kesan rapi dan luas pada apartemen studio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti apartemen furniture
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top