Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KSSK Tegaskan Stabilitas Sistem Keuangan Aman dari Gejolak Perang Rusia - Ukraina

KSSK tetap mewaspadai dan memantau sistem keuangan untuk tetap menjaga stabilitas sistem keuangan di tengah gejolak geopolitik.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 13 April 2022  |  08:46 WIB
KSSK Tegaskan Stabilitas Sistem Keuangan Aman dari Gejolak Perang Rusia - Ukraina
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati - Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melihat bahwa stabilitas sistem keuangan dalam kondisi normal di tengah tekanan eksternal dari perang yang terjadi di Ukraina.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan bahwa perbaikan ekonomi global akan mengalami tekanan dari proyeksi sebelumnya disertai volatilitas pasar keuangan meningkat seiring perang antara Rusia dan Ukraina.

"Langkah-langkah pemeberlakukan sanksi, terutama AS, Eropa dan G7, terhadap Rusia di tengah masih terjadinya gangguan rantai pasok menganggu volume perdagangan dan prospek pertumbuhan ekonomi global," tegas Sri Mulyani.

Dia menambahkan perang memicu kenaikan harga komoditas global secara signifikan, pangan, energi dan logam. Kondisi ini berdampak pada inflasi global.

Menurutnya, perang Rusia dan Ukraina juga menciptakan tantangan bagi normalisasi moneter di negara maju dan meningkatkan ketidakpastian di pasar ekonomi global

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa KSSK melihat risiko rambatan berasal dari kondisi global, inflasi, cost of fund dan kinerja perekonomian.

"Oleh karena itu, KSSK tetap mewaspadai dan memantau stabilitas sistem keuangan untuk tetap menjaga stabilitas sistem keuangan kita," paparnya.

Dia pun menuturkan bahwa KSSK akan terus memperkuat koordinasi atau pemenatauan bersama termasuk dalam merumuskan respons kebijakan yang terkoordinasi dan merespon dalam menjaga pemulihan ekonomi dan menghadapi gejolak ekonomi global yang sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani kssk stabilitas sistem keuangan Perang Rusia Ukraina
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top