Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tambah Modal dari PMN dan Right Issue, Adhi Karya (ADHI) Prioritaskan Perampungan Proyek Jalan Tol

PMN yang dikantongi ADHI senilai Rp1,97 triliun akan dikucurkan untuk penyertaan modal di proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 07 April 2022  |  17:36 WIB
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat
Pekerja beraktivitas di proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adhi Karya (Persero) Tbk. telah mendapatkan restu untuk mendapatkan tambahan permodalan melalui Penanaman Modal Negara (PMN) dan aksi korporasi melalui right issue untuk dialokasikan ke sejumlah proyek infrastruktur prioritas.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson menjelaskan pihaknya telah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham untuk penambahan modal negara melalui PMN senilai Rp1,97 triliun. Suntikan modal tersebut akan dikucurkan untuk penyertaan modal di proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo, Jalan Tol Jojga-Bawen, serta proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Karian.

"Angka PMN Rp1,97 triliun ini akan kita gunakan penyertaan modal pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo Rp1,4 triliun, kemudian Yogyakarta-Bawen Rp390 miliar dan untuk SPAM Karian Rp185 miliar sehingga total Rp1,97 triliun," ujarnya dalam rapat umum pemegang saham tahunan, Kamis (7/4/2022).

Sementara itu, emiten berkode saham ADHI tersebut rencanannya akan mendapatkan suntikan permodalan melalui right issue dengan target dana yang dihimpun senilai Rp1,89 triliun. Penambahan modal itu akan digunakan  untuk memperbaiki struktur permodalan perseroan, serta sebagai bentuk peningkatkan kapasitas dan pengembangan usaha melalui proyek investasi di bidang infrastruktur.

Suntikan modal itu akan dialokasikan untuk menambah kekurangan penyertaaan modal dari dana PMN pada 3 proyek tersebut. Sedangkan, sisa dana right issue tersebut akan dialokasikan ke proyek pembangunan fasilitas pengelolaan limbah terpadu tahap 2 di Medan senilai Rp495 miliar, penyertaan modal di proyek Jalan Tol JORR Elevated Ulujami-Cikunir senilai Rp662 miliar, serta preservasi Jalan Lintas Timur Sumatra Selatan senilai Rp177 miliar.

"Dari sisi right issue Rp1,89 triliun ini nanti dialokasikan sebagiannya untuk memenuhi kekurangan setoran yang diproyek 3 di PMN karena yang dialokasikan tadi hanya 72 persennya jadi ada angka yang kita ambilkan dari right issue," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol adhi karya proyek infrastruktur pt adhi karya tbk
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top