Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dear Penumpang AirAsia, Layanan Pindah ke Terminal 1A per 12 April

Penumpang AirAsia dengan penerbangan rute domestik dari dan ke Jakarta akan berangkat dan tiba di Terminal 1A mulai tanggal 12 April 2022 dan seterusnya. Sementara untuk penerbangan AirAsia dengan rute internasional tidak mengalami perubahan dan masih tetap beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 06 April 2022  |  13:35 WIB
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014). - Bloomberg/Dimas Ardian
Pesawat AirAsia lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Tangerang, Indonesia, Senin (29/12/2014). - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – AirAsia mengumumkan untuk memindahkan operasional penerbangan domestiknya di Jakarta dari Terminal 2 ke Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno Hatta mulai 12 April 2022.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine menuturkan adanya perpindahan ini sesuai dengan arahan pengelola bandara demi kenyamanan penumpang.

"Penumpang AirAsia dengan penerbangan rute domestik dari dan ke Jakarta akan berangkat dan tiba di Terminal 1A mulai tanggal 12 April 2022 dan seterusnya," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

Sementara untuk penerbangan AirAsia dengan rute internasional tidak mengalami perubahan dan masih tetap beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

AirAsia menyarankan seluruh tamunya untuk memeriksa email dan SMS nya untuk mendapatkan notifikasi terkait perubahan ini, serta check-in dan mencetak kembali boarding pass nya melalui aplikasi airasia Super App atau situs web airasia.com

Selain AirAsia, Super Air Jet mulai beroperasi di terminal 1A Bandara Soekarno -- Hatta mulai hari ini (6/4/2022) sejalan dengan rencana PT Angkasa Pura II (persero) atau AP II menjelang lebaran 2022.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan

AP II menjalankan strategi penyeimbangan (rebalancing) di Bandara Soekarno-Hatta guna memaksimalkan peran 3 terminal penumpang pesawat dalam mendukung operasional penerbangan. Dia menjelaskan strategi rebalancing bertujuan membagi peran 3 terminal untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat.

Strategi rebalancing juga sebagai salah satu persiapan bandara terbesar di Indonesia ini dalam mengantisipasi meningkatnya lalu lintas penerbangan pada periode Angkutan Lebaran yang direncanakan jatuh pada periode 22 April - 13 Mei 2022, dengan arus mudik pada 22 April - 1 Mei 2022 dan arus balik pada 4 - 13 Mei 2022.

"Airfast sudah mulai beroperasi di Terminal 1 pada 1 April, kemudian Super Air Jet mulai hari ini, 6April. Lalu, disusul Sriwijaya Air, NAM Air dan AirAsia Indonesia pada 12 April," ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu (6/4/2022).

Agus memaparkan lalu lintas penerbangan meningkat sejak akhir Maret 2022.

"Kami memohon maaf kepada para penumpang pesawat jika pada periode tersebut merasakan Terminal 2 cukup ramai. Untuk itu, kami menjalankan strategi rebalancing dengan mengaktifkan Terminal 1 mulai 1 April 2022 guna melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus Haryadi mengatakan Terminal 1 khususnya Sub Terminal 1A akan melayani penerbangan dari 5 maskapai yakni Airfast, Super Air Jet, Sriwijaya Air, NAM Air dan AirAsia Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

air asia bandara soetta maskapai penerbangan
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top