Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri PUPR Tegaskan H-10 Lebaran Seluruh Perbaikan Jalan Selesai

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meminta kementeriannya untuk memastikan perbaikan jalan dapat diselesaikan pada H-10 Lebaran.
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerja di Trenggalek, Jatim, Selasa (30/11/2021) - BPMI Setpres/Laily Rachev.
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam kunjungan kerja di Trenggalek, Jatim, Selasa (30/11/2021) - BPMI Setpres/Laily Rachev.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meminta kepada seluruh jajarannya dan juga badan usaha jalan tol untuk memastikan proses perbaikan jalan dapat diselesaikan pada 10 hari menjelang Lebaran.

Basuki menuturkan saat ini panjang jalan nasional di Indonesia adalah 47.017 km dengan kemantapan 91,8 persen, yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera sepanjang 7.918 km, Pulau Jawa & Bali sepanjang 5.348 km, Pulau Kalimantan sepanjang 6.556 km, Pulau Sulawesi sepanjang 8.785 km dan Pulau Maluku – Papua sepanjang 18.410 km.

Sementara itu, panjang jalan tol yang operasional di Indonesia adalah 2.500 km yang dikelola oleh 46 BUJT pada 66 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Sumatera sepanjang 691 km, Pulau Jawa sepanjang 1.640,4 km, Pulau Bali sepanjang 10,1 km, Pulau Kalimantan sepanjang 97,3 km, dan Pulau Sulawesi sepanjang 61,5 km.

Dia mengungkapkan untuk memperlancar arus mudik tahun ini, tengah dilakukan pengerjaan dan perbaikan jalan tol yang meliputi Pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B KM 67 – KM 50, Pembangunan Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan (SS Sadang KM 62 – SS Kutanegara KM 53), Pemeliharaan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, pemeliharaan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang, pemeliharaan Tol Pematang Panggang – Kayu Agung, pemeliharaan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung.

"Perbaikan lubang di jalan di tol semua kami sudah bersepakat Asosiasi Jalan Tol Indonesia bahwa kami akan menyapu lubang itu dulu untuk yang Lebaran, ini jadi makanya kami akan keliling juga targetnya H-10 seluruh alat berat harus keluar dari tol," ujarnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Rabu (6/4/2022).

Lebih lanjut, untuk di jalan nontol, tengah dilakukan penanganan sementara ruas Sumedang – Cijelag Km 68+600 berupa penimbunan badan jalan dan penggunaan konstruksi dinding penahan tanah, pembersihan area terdampak bencana erupsi Gunung Semeru dan pembangunan jembatan gantung untuk kendaraan kecil dan roda dua, penanganan Jembatan Cisiih yang terletak di ruas jalan Bayah - Cibareno.

Selain itu, Kementerian PUPR tengah melakukan penanganan efektif jalan dan jembatan di ruas Lintas Utara Jawa seperti Ruas Pejagan – Prupuk – Tegal – Bts. Banyumas/Brebes – Wangon dan Kudus – Pati – Rembang – Bulu, perbaikan ruas Widang/Bedahan – Bts. Kota Lamongan dan Balongbendo – Jampirogo dengan menutup, serta perbaikan Jembatan Ngaglik, Lamongan Jawa Timur yang menghubungkan Tuban dan Lamongan sepanjang 25,8 m yang ambles pada 29 Maret 2022 akibat dilintasi kendaraan muatan berlebih (ODOL).

"Pantura ini sudah menjadi program," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper