Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alternatif Mudik Lebaran Jakarta-Bandung, Lewat Jalan Tol Ini Aja

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan bisa menjadi jalur alternatif rute Jakarta-Bandung dengan waktu tempuh Jakarta-Sadang menjadi hanya 45 menit.
Foto udara pembangunan gerbang tol Cikampek Utama di KM 70 jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (16/5/2019)./ANTARA-Hafidz Mubarak A
Foto udara pembangunan gerbang tol Cikampek Utama di KM 70 jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (16/5/2019)./ANTARA-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasamarga Japek Selatan menyatakan pengoperasian Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan bakal memangkas waktu perjalanan dari Jakarta hingga Sadang menjadi sekitar 45 menit. Jalan tol itu akan menjadi alternatif baru bagi warga Jakarta yang ingin melancong ke Bandung.

Direktur Teknik PT Jasamarga Japek Selatan Bambang Sulistyo Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan menghubungkan Jatiasih yakni Jalan Tol JORR Seksi E ke Sadang yakni Jalan Tol Cipularang dengan jarak 62 Km. Menurutnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini menjadi alternatif rute dari Jakarta menuju ke Bandung.

"Kecepatan rencana pada jalan tol ini yaitu 80 km per jam, apabila sudah beroperasi penuh, dengan dikorelasikan kecepatan rencana, maka jarak 62 Km dari Jatiasih menuju Sadang tersebut dapat ditempuh adalah kurang lebih 45 menit," ujarnya, Selasa (5/4/2022).

Jalan tol Jakarta—Cikampek II Selatan seperti dikutip melalui laman Badan Pengatur Jalan Tol , Kamis (10/6/2021), memiliki panjang 64 km yang terdiri atas tiga seksi, yaitu Seksi 1 Jati Asih menuju Setu (Sta 0+000—Sta 9+300) sepanjang 9,3 km, ruas ini masuk ke dalam wilayah Kota Bekasi dan Kab. Bogor.

Seksi 2 Setu menuju ke Taman Mekar (Sta 9+300—Sta 34+150) sepanjang 24,85 km, masuk ke dalam wilayah Kab. Bekasi. Kemudian Seksi 3 dari Taman Mekar Sari menuju Sadang (Sta 34+150—Sta 64+000) sepanjang 27,85 km, masuk ke dalam wilayah Kab. Karawang dan Kab. Purwakarta.

Jalan tol Jakarta—Cikampek II Selatan dari Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi) akan terintegrasi dengan jaringan jalan tol Purbaleunyi dan JORR 2 jalan tol Cimanggis—Cibitung. Seksi 2 akan rampung pada 2022 dan Seksi 3 rampung pada 2023.

Saat ini progres konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 telah mencapai 62,17 persen, ditargetkan akan rampung pada akhir 2022 mendatang. Untuk progres pembebasan lahannya pun sudah mencapai progres sebesar 92,04 persen.

Sementara itu, Paket 1 Jati Asih menuju Setu progres pembebasan lahan sudah mencapai 3,29 persen, sedangkan Paket 2 Setu menuju ke Taman Mekar progres pembebasan lahan sudah mencapai 38,29 persen.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan menjadi salah satu ruas yang akan difungsionalkan saat arus mudik pada tahun ini. Nantinya, akan terdapat 11 ruas jalan tol tambahan di Pulau Jawa yang sudah dapat gunakan saat mudik Lebaran tahun ini. Ruas jalan tol tersebut sudah beroperasi maupun fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik.

Adapun, ruas jalan tol tambahan tersebut adalah Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin – Kayu Manis) sepanjang 3 km, Cibitung – Cilincing Seksi 1 (Cibitung – Telaga Asih) sepanjang 2,6 km, Serpong – Cinere Seksi 1 (Serpong IC – Pamulang IC), Cengkareng – Kunciran sepanjang 14,19 km, Cimanggis – Cibitung Seksi 1A (Cimanggis – Jatikarya) sepanjang 3,17 km, Bekasi-Cawang-Kp Melayu Seksi 1A (Koneksi Toll to Toll Wiyoto Wiyono + On Ramp Jatiwaringin) sepanjang 1,17 km, Serang – Panimbang seksi I (Serang – Rangkas Bitung) sepanjang 26,5 km, dan Cisumdawu seksi 1 ruas Cileunyi - Pamulihan sepanjang 11,45 Km.

Sementara itu, ruas jalan tol yang rencananya akan difungsionalkan yaitu ruas tol Jakarta Cikampek Selatan (SS Sadang – SS Kutanegara) sepanjang 8,6 km, On/Off Ramp Km 42+500 Jalan Tol Jagorawi, SS Bojong Pekalongan Jalan Tol Pemalang – Batang, Cisumdawu Seksi II Pamulihan - Sumedang sepanjang 17,05 km dan Seksi III Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 km.

"Rencana fungsional Jalan Tol Japek II Selatan untuk arus balik secara parsial," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper