Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Mobil Listrik dari Tiga Startup China Moncer

Produsen mobil listrik China Nio, Xpeng, dan Li Auto cetak kenaikan penjualan selama kuartal I/2022.
Xpeng P7, sedan coupe sepenuhnya listrik. /Xpeng
Xpeng P7, sedan coupe sepenuhnya listrik. /Xpeng

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil listrik dari tiga perusahaan startup di China, yakni Nio, Xpeng, dan Li Auto justru meningkat pada Maret dibandingkan dengan Februari, meskipun ada sejumlah hambatan.

Dilansir CNBC Internasional pada Jumat (1/4/2022), saham ketiga perusahaan itu bahkan bisa lebih tinggi dibandingkan dengan perdagangan pre-market di Amerika.

Hal itu terjadi di tengah kenaikan harga bahan baku dan kenaikan angka kasus Covid-19 di China yang dapat mengganggu produksi dan pengiriman. Beberapa dari perusahaan akhirnya memilih mengerek harga.

Xpeng berhasil mengirim mobil listrik terbesar pada Maret yakni sebesar 15.414 unit, naik 148 persen dari Februari. Sementara itu, total kendaraan yang dikirim selama kuartal I/2022 mencapai 34.561, naik 159 persen.

"Perusahaan mengaitkan penjualan yang kuat pada kuartal I karena meningkatnya kesadaran dan permintaan untuk produk EV pintar," ujar jurubicara Xpeng.

Selain itu, penjualan juga terakselerasi setelah menyelesaikan peningkatan teknologi pabrik di Zhaoqing pada Februari sehingga pesanan yang sempat macet pada 2021 dan pesanan baru tahun ini bisa segera terpenuhi.

Adapun Li Auto melaporkan perbaikan pengiriman pada Februari. Namun, perusahaan mengaku operasi produksinya terdampak oleh kenaikan kasus Covid di China.

Li Auto yang sahamnya terdaftar di Amerika Serikat dan Hong Kong ini berhasil mengirim 11.034 SUV sport pada Maret, naik 31 persen dari Februari.

Selama kuartal I/2022, Li Auto berhasil mengirim 31.716 kendaraan, naik 152,1 persen seara year on year (yoy).

Sementara itu, Nio mengirim sebanyak 9.985 unit pada Maret, naik 62,8 persen dari Februari. Sebanyak 25.768 telah terkirim sepanjang kuartal I/2022, naik 28,5 persen (yoy).

Di antara ketiganya, Nio belum menaikkan harga kendaraannya. Nio juga akan bersiap untuk merilis SUV baru bernama ES7.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper