Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Integrasi Transportasi di Kota Jababeka Perkuat TOD City

Shuttle Bus Damri Rute Stasiun Cikarang - Hollywood Junction- Kota Jababeka telah beroperasi.
Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten bekasi, Jawa barat./Istimewa
Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten bekasi, Jawa barat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Aksesibilitas untuk masyarakat menuju Cikarang khususnya Kota Jababeka akan semakin mudah.

Hal ini setelah diresmikan Stasiun Cikarang dan Shuttle Bus Damri Rute Stasiun Cikarang - Hollywood Junction- Kota Jababeka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri Keuangan Sri Mulyani sehingga meningkatkan kenyamanan masyarakat yang ingin berpergian ke arah Cikarang.

Direktur PT Jababeka Tbk Sutedja Sidarta Darmono mengatakan Kawasan Kota Jababeka saat ini telah menjadi tempat berbisnis bagi lebih dari 2.000 perusahan nasional dan multinasional yang berasal 33 negara dengan jumlah pekerja mencapai satu jiwa serta jumlah populasi mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa. 

Bahkan,2 juta lebih masyarakat yang beraktivitas di Kota Jababeka saat jam produktif. Hal ini berdampak pada arus masyarakat menuju Kota Jababeka dari pagi relatif tinggi, baik itu karyawan dari luar Cikarang yang bekerja di Kota Jababeka maupun masyarakat setempat. 

Oleh karena itu, kehadiran integrasi antar moda Stasiun Cikarang dari KRL dengan shuttle bus Damri ini akan membantu masyarakat dari dan menuju Kota Jababeka. 

"Kami ucapan terima kasih sekaligus apresiasi atas upaya Kemenhub, Kemenkeu, Dirjen Perkeretaapian, dan Damri yang telah bersinergi dalam mengoptimalkan angkatan massal yang ada di Cikarang. Kami berkomitmen untuk melakukan upaya-upaya agar minat masyarakat menggunakan angkutan umum semakin meningkat," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (2/4/2022).

Kawasan Kota Jababeka sekarang tengah bertransformasi ingin menjadi kota dengan tata kota berkonsep Transit Oriented Development (TOD City). Pihak Jababeka berupaya mendorong masyarakat untuk bisa kembali memakai angkutan umum massal. Terlebih ada 10 pembangunan infrastruktur modern yang akan ada di sekitar kawasan Kota Jababeka.

Proyek infrastruktur ini mulai dari stasiun dan jalur KRL Commuter Line, Elevated Highway Jakarta – Cikampekyang sudah beroperasi sejak Desember 2020, jalan tol JORR II, MRT fase III Jakarta-Balaraja, LRT Jakarta-Cikarang, High Speed Train Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Kertajati yang telah beroperasi sejak Juli 2019.

"Kawasan Jababeka sebagai TOD City sudah eksis sejak tahun 2020 dengan hadirnya transportasi publik dengan layanan Jabodetabek Airport Connexion, Jabodetabek Residence Connexion, Bus AKDP di Hollywood Junction. Ditambah dengan layanan Shuttle Bus DAMRI dengan rute Stasiun Cikarang ke Hollywood ini, bukan saja akses masyarakat dari dan menuju Kota Jababeka kian mudah, tapi TOD City di Jababeka terus berkembang dengan perang angkutan umum yang makin handal," tuturnya.

Managing Director  PT Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono menuturkan kehadiran Bus Damri untuk rute ini sangat tepat dalam membantu masyarakat dalam memenuhi akses angkutan untuk wilayah Kawasan Kota Jababeka yang selama ini banyak menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor. Hal ini masih terbatasnya akses kendaraan umum dari Stasiun Cikarang ke Kawasan Jababeka. 

"Jadi, ini memang telah menjadi kebutuhan di Kawasan Kota Jababeka. Kami bersyukur kolaborasi antara Jababeka dan Damri bisa terwujud dalambupaya kami membangun TOD City. Terima kasih atas dukungan DAMRI dan mudah-mudahan kolaborasi ini berjalan lancar," kata Sutedja.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  mengatakan integrasi antarmoda di Stasiun Cikarang ini akan mendukung aksesibilitas menuju kawasan industri sehingga mendorong peningkatan ekonomi dan produktivitas masyarakat di sekitar. 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikribmeyakini bahwa kehadiran Stasiun Cikarang dan shuttle bus Damri akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Pihaknya optimistis integrasi antar moda di Stasiun Cikarang bisa mendorong masyarakat kembali ke angkutan yang ramah lingkungan sekaligus mengakomodasi pertumbuhan masyarakat dari dan menuju Cikarang yang selama ini tak sedikit menggunakan transportasi pribadi.

Direktur Utama DAMRI Setia N. Milatia Moemin menambahkan dibukanya layanan tersebut bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya pengguna Commuter Line/KRL dari Stasiun Cikarang untuk menggunakan DAMRI menuju tempat kerja di wilayah Kawasan Kota Jababeka.

Rute StasiunCikarang - Hollywood Junction Jababeka beroperasi setiap Senin sampai Sabtu mulai 4 April 2022 dengan jadwal keberangkatan setiap 1 jam sekali dari puku 05.30 sampai 17.30. 

“DAMRI mengerahkan armada bus terbaik jenis microbus berkapasitas 12 pelanggan yang akan dioperasikan untuk mendukung layanan tersebut,” terang Milatia. 

Adapun untuk tarifnya, DAMRI memberikan tarif promo sebesar Rp10.000,00 pada tahal awal untuk perjalanan dari Stasiun Cikarangmenuju Hollywood Junction Jababeka maupun sebaliknya

   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper