Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Minta Pertamina Pacu Migas Blok Rokan agar Pendapatan Negara Naik

Menteri Keuangan Sri Mylani menjelaskan peningkatan produksi migas di Wilayah Kerja (WK) Rokan dapat meningkatkan penerimaan negara.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  02:32 WIB
Sri Mulyani Minta Pertamina Pacu Migas Blok Rokan agar Pendapatan Negara Naik
Pekerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mengecek pompa angguk atau pumping unit di Central Gathering Station (CGS) 10 Field Duri, Blok Rokan, Bengkalis, Riau, Rabu (22/12/2021). ANTARA FOTO - Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta Pertamina Hulu Rokan mencari cara untuk meningkatkan produksi minyak dan gas bumi di wilayah kerja yang dulu dikelola oleh Chevron.

Sri Mulyani yang juga Wakil Ketua Komisi Pengawas SKK Migas menyebut bahwa peningkatan produksi migas di Wilayah Kerja (WK) Rokan dapat meningkatkan penerimaan negara.

“Penurunan produksi juga menjadi perhatian dari Kementerian Keuangan, sehingga Kementerian Keuangan berharap banyak dapat meningkatkan produksi,” katanya melalui keterangan resmi, Minggu (27/3/2022).

Dalam upaya peningkatan produksi migas di WK Rokan, kata dia, Pertamina Hulu Rokan juga harus memperhatikan tenaga kerja lokal yang sesuai dengan kompetensinya, dan mengaktifkan Local Business Development (LBD) di sekitar daerah operasi.

Dia pun meminta Pertamina Hulu Rokan untuk terus mengembangkan dan melatih sumber daya manusia di WK tersebut agar bisa membuktikan bahwa Indonesia mampu mengelola sumber daya alamnya sendiri.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan bahwa persiapan perseroan dalam proses alih kelola WK Rokan jauh lebih banyak dibandingkan dengan WK lainnya. Hal itu membuat Pertamina bisa menjaga dan segera meningkatkan produksi dari blok migas tersebut.

“Belajar dari alih kelola di WK lain sebelumnya, persiapan Pertamina dalam alih kelola di WK Rokan jauh lebih banyak, sehingga mampu menjaga bahkan meningkatkan produksi,” ucapnya.

Rokan sendiri merupakan WK migas terbesar kedua di Tanah Air dan menyumbangkan sepertiga dari total produksi minyak Pertamina, atau hampir seperempat produksi nasional dengan rata-rata produksi tahunan sekitar 160.000 barel minyak per hari (BOPD) untuk periode September hingga Desember 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina apbn sri mulyani Blok Rokan
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top