Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP Mandalika, Sektor Penerbangan Nasional Ketiban Berkah

Sektor penerbangan nasional diklaim ketiban berkah dari penyelenggaraan MotoGP Mandalika.
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati
Tribun penonton di posisi start balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022)./Bisnis-Arnis Wigati

Bisnis.com, JAKARTA - Perhelatan MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat selama 18–20 Maret 2022 membawa berkah bagi sektor penerbangan akibat meningkatnya lalu lintas secara signifikan menuju salah satu destinasi wisata nasional tersebut.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan lalu lintas penerbangan di rute Jakarta - Lombok - Jakarta meningkat hingga 155 persen saat gelaran balapan roda dua itu berlangsung.

Awaluddin menjabarkan bahwa saat Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung pada Kamis (17/3/2022) sampai dengan Minggu (20/3/2022), jumlah pergerakan penumpang pesawat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai hingga 25.017 orang atau meroket 155 persen dibandingkan dengan Kamis–Minggu pekan sebelumnya yakni 10–13 Maret, yang tercatat sebanyak 9.790 orang.

"Lalu lintas penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia ke Bandara Lombok mengalami peningkatan signifikan pada 17–20 Maret 2022. Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan," kata Awaluddin, dikutip dari siaran pers, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, jumlah pergerakan pesawat melonjak drastis dari sebelumnya 68 penerbangan menjadi 215 penerbangan. Pada periode yang sama yakni 17–20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta–Bali–Jakarta tercatat sebanyak 322 penerbangan.

"Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakomodir tingginya permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Lombok, dengan fokus utama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management," lanjut Awaluddin.

Seperti diketahui, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik, di mana bandara ini juga menjadi tempat transit bagi pelancong untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan koordinasi dilakukan dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Bandara Soekarno-Hatta memiliki peran yang sentral. Bandara ini menjadi lokasi pertama bagi sebagian besar pembalap dan official tim tiba di Indonesia, kemudian bertolak ke Lombok. Lalu setelah event di Mandalika selesai, Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan mereka ke luar negeri," tutur Agus.

Dia lalu berterima kasih kepada seluruh pihak antara lain regulator, maskapai, AirNav Indonesia dan ground handling atas kolaborasi yang dilakukan, sehingga tingginya lalu lintas penerbangan dapat dilayani dengan baik.

Sebelumnya, pada Minggu (13/3/2022) sampai dengan Selasa (15/3/2022), Bandara Soekarno-Hatta menyambut kedatangan pembalap dan official team dari luar negeri. Pelayanan staf bandara saat menyambut kedatangan rombongan pembalap dan tim sempat mendapat pujian.

Kemudian pada Rabu (16/3/2022), Bandara Soekarno-Hatta melepas penerbangan pembalap dan official tim ke Lombok.

Selanjutnya, para pembalap dan official team bertolak ke luar negeri dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta usai mengikuti Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022).

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation Abdulbar M. Mansoer menuturkan Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh staf di Bandara Soekarno-Hatta.

“Dorna mengatakan petugas di Bandara Soekarno-Hatta sangat ramah. Selain itu, Dorna juga mengapresiasi adanya area tes PCR yang didedikasikan bagi para pembalap dan official tim,” ujar Abdulbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper