Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub: 120 Boeing 737-800 Masih Beroperasi di Indonesia, Amankah?

Kemenhub mencatat ada sebanyak 120 unit pesawat Boeing 737-800 yang masih beroperasi di Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 22 Maret 2022  |  15:11 WIB
Kemenhub: 120 Boeing 737-800 Masih Beroperasi di Indonesia, Amankah?
Pekerja melakukan pengecekan akhir livery masker pesawat yang terpilih sebagai pemenang, sebelum peluncuran pesawat Garuda Indonesia Boeing 737-800 NG bercorak khusus yang menampilkan visual masker bertema "Indonesia Pride" pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada sekitar 120 unit Boeing 737-800 yang masih beroperasi di Indonesia. Adapun, jenis pesawat tersebut sama dengan peristiwa kecelakaan China Eastern Airlines.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan pesawat jenis tersebut masih beroperasi seperti biasa di Indonesia. Namun, proses pengecekan dan audit berkala akan tetap dilakukan.

"Pesawat jenis Boeing 737-800 tetap beroperasi seperti biasa di Indonesia. Tipe pesawat ini dioperasikan oleh empat maskapai yakni Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Sriwijaya Air," ujarnya, Selasa (22/3/2022).

Kemenhub, lanjutnya, sebagai regulator penerbangan sipil nasional, terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan pengawasan, agar keselamatan dan keamanan penerbangan dapat terus dijaga.

Novie menyampaikan duka cita yang mendalam atas musibah kecelakaan China Eastern Airline yang jatuh di pegunungan wilayah Guangxi, China Selatan, pada Senin (21/3/2022) sore, dengan membawa 123 penumpang dan sembilan awak pesawat, berdasarkan informasi dari Civil Aviation Administration of China (CAAC).

“Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada korban kecelakaan pesawat China Eastern Boeing 737-800 di wilayah Guangxi. Semoga proses penyelidikan penyebab kecelakaan dapat segera diketahui,” katanya.

Perlu diketahui, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus berkomunikasi intens dengan maskapai penerbangan khususnya domestik, serta melakukan peningkatan pengawasan keselamatan operasi pesawat udara secara ketat, untuk memastikan kepatuhan operator terhadap regulasi keselamatan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub boeing 737 china eastern airlines corp'
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top