Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Terlantar, Kemenhub Bakal Evaluasi Bus di MotoGP Mandalika

Kementerian Perhubungan mendapatkan banyak penumpang MotoGP yang tidak bisa mengakses layanan bus shuttle.
Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang race MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20 Maret 2022) - Bisnis/Arnis Wigati
Hujan deras mengguyur Sirkuit Mandalika menjelang race MotoGP Mandalika 2022 pada Minggu (20 Maret 2022) - Bisnis/Arnis Wigati

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan berjanji segera melakukan evaluasi terkait layanan bus selama gelaran MotoGP Mandalika 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyebut bahwa mendapat laporan terkait dengan banyak masyarakat yang belum terlayani oleh bus antarmoda. Laporan tersebut didapatkan pada hari terakhir pelaksanaan MotoGP Mandalika. 

"Saya sebelumnya mendapatkan laporan pada hari terakhir pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 banyak masyarakat yang belum terlayani oleh bus antarmoda yang kami siapkan. Kami meminta maaf atas kejadian tersebut sehingga mengakibatkan kemacetan dan sejumlah penumpang tidak terlayani dengan baik. Kami besok akan segera menggelar rapat evaluasi untuk melihat penyebabnya," jelas Budi dikutip dari siaran pers, Selasa (22/3/2022). 

Adapun, Ditjen Hubdat mendukung kegiatan MotoGP Mandalika 2022 melalui 287 unit shuttle bus berkapasitas 24 penumpang, 278 unit bus antarmoda, manajemen rekayasa lalu lintas, serta dukungan dari layanan penyeberangan.

Budi mengatakan jumlah dukungan kendaraan tersebut sebenarnya mencukupi. Meski begitu, dia akan tetap mengundang seluruh instansi untuk melakukan evaluasi. 

Dia menceritakan keramaian penonton yang keluar hampir bersamaan usai acara mengakibatkan kemacetan sehingga membuat distribusi bus jadi terlambat. Alhasil, terdapat antrian panjang masyarakat yang ingin menaiki bus untuk pulang. 

"Oleh karena itu kami mencoba untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki dukungan bus kami sehingga ke depannya tidak terjadi peristiwa serupa. Komitmen kami yaitu dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, semoga kejadian tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kami ke depannya," tuturnya. 

Secara umum, Budi mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022 yang dinilai berjalan dengan lancar dan sukses selama 18-20 Maret 2022, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

"Kami berterima kasih atas kolaborasi berbagai instansi baik pemerintah, swasta, penyelenggara, dan semua pihak yang telah membantu kami dalam mendukung kegiatan ini. Termasuk antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat menggebu dalam menyaksikan MotoGP," ujar Budi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper