Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang MotoGP, Hotel di Sekitar Sirkuit Mandalika Ludes Dipesan

PHRI NTB menyampaikan bahwa kamar hotel yang berada di area sekitar Sirkuit Mandalika sudah habis dipesan.
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia
Penonton menyaksikan balap World Superbike (WSBK) 2021 di tribune pada Jumat (19/11/2021)/Bisnis-Feni Freycinetia

Bisnis.com, JAKARTA – Kamar di sejumlah hotel yang berada di sekitar area Sirkuit Mandalika dilaporkan ludes terpesan jelang pelaksanaan MotoGP.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ni Ketut Wolini menyampaikan bahwa saat ini kamar hotel di sekitar area Sirkuit Mandalika hampir ludes dipesan, kecuali beberapa suite room.

“Kalau hotel di Lombok Tengah yang dekat dengan sirkuit sudah habis, di Mataram sudah habis, Lombok Barat termasuk Senggigi habis,” jelas Wolini, Minggu (13/3/2022).

Menurutnya, penonton yang ingin menginap masih memiliki pilihan di 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air) dan Lombok Timur salah satunya Sembalun. Wolini menyampaikan hanya di daerah tersebut yang masih banyak tersedia.

Jarak tempuh yang cukup jauh dan harus melakukan penyeberangan menjadi alasan okupansi hotel di tiga daerah tersebut masih rendah. Kondisi itu terjadi kendati pemerintah sudah menyediakan shuttle bus dari daerah tersebut.

Dia bersama PHRI pun telah berusaha untuk memaksimalkan penjualan kamar di wilayah tersebut. Namun dia mengaku terkendala oleh terlambatnya aktivitas promosi. Wolini berharap jika ada acara lainnya, para pelaku usaha terutama hotel dapat memberikan informasi lebih awal.

“Info kepada penonton itu kurang. Ke depannya itu perlu di-push dari awal, karena saat ini terbilang telat,” pungkas Wolini.

Tingginya antusias dari kegiatan ini turut memaksa infrastruktur dan akomodasi di NTB terus digemborkan. Hal yang masih menjadi masalah seperti kurangnya kamar di dekat Mandalika.

Menurut Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran, bahwa hal ini menjadi masalah karena belum mendukungnya akomodasi yang ada terutama penginapan. 

“Karena Mandalika sendiri cuma bisa menampung 12.000 sedangkan tiket sampai 60.000. Itu fakta. Makanya disiapkan di tempat yang lain. Masih mending 60.000, kemarin WSBK 100.000,” kata Maulana, Minggu (13/3/2022).

Sementara itu, dalam menarik minat masyarakat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memilih Gili sebagai tempat menginap pada hari pertama balapan. Dia juga memilih Glamping di Mandalika pada hari kedua sebagai destinasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper