Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran Sudah Siap, Transportasi di IKN Pakai Teknologi Autonomous

Kemenhub memastikan transportasi di IKN akan pakai teknologi autonomous sejalan dengan anggaran yang sudah siap.
Konsep Ibu Kota Negara./Antara
Konsep Ibu Kota Negara./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setriyadi mengatakan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menggunakan teknologi transportasi autonomous.

"Jadi untuk IKN, seperti arahan Pak Presiden dan Pak Menteri Perhubungan semua mobilitas itu basisnya Green Mobility," ujar Budi di Jakarta Auto Week pada Sabtu (12/3/2022).

Budi menjelaskan nantinya calon ibu kota dirancang sebagai kota pintar, sehingga pergerakan kantor ke kantor tersebut menggunakan angkutan umum. Nantinya, mayoritas kendaraan menggunakan teknologi autonomous.

"Hal ini untuk meminimalisir kendaraan pribadi, Kita juga sedang melakukan kajian untuk memungkinkan mayoritas kendaraan di IKN menggunakan teknologi autonomous," jelas Budi.

Budi juga menjelaskan saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat terkait infrastruktur kedepannya.

"Untuk anggaran kami [Kemenhub] sudah ada untuk tahun depan, kita sudah menyiapkan untuk terwujudnya arahan pak presiden," katanya.

Adapun sampai saat ini teknologi autonomous dan infrastrukturnya masih dalam tahap kajian dan proses feasibility study. Namun Budi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan anggaran yang cukup untuk perkembangan teknologi ini.

"Anggaran tahun ini belum besar tapi anggaran tahun depan sudah mulai besar," ungkapnya.

Budi menutup dengan mengatakan untuk merealisasi teknologi autonomous ini harus adanya perubahan regulasi undang - undang 2022 terlebih dahulu dikarenakan autonomous ini tidak mempunyai pengemuni.

"Nanti autonomous ini fokusnya pada angkutan umum," tutup Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Khadijah Shahnaz

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper