Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Profil 3 Calon Kuat Ketua DK OJK Periode 2022-2027

Ketiga nama calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Presiden Jokowi.
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). /Bisnis-Abdullah Azzam
Karyawan berada di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan di Jakarta, Jumat (17/1/2020). /Bisnis-Abdullah Azzam

Darwin pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Pengawas (Profesional) di Lembaga Pengelola Investasi (Indonesia Investment Authority). Dia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama (Independen) PT Mandiri Sekuritas, Komisaris (Independen) PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., dan Direktur Utama/Senior Managing Director Creador Indonesia.

Sebelumnya, Darwin menjabat sebagai Managing Director/CFO PT Medco Energi Internasional Tbk., Partner PricewaterhouseCoopers Indonesia – Corporate Finance, Direktur Utama PT Bursa Efek Jakarta, Direktur Utama PT KDEI, dan Executive Director PT Danareksa.

Adapun Darwin mengawali karirnya sebagai Konsultan & Peneliti di Harvard Institute for International Development (HIID) – Departemen Keuangan.

Menilik dari jenjang pendidikan, Darwin mendapatkan gelar Doktor di bidang Strategic Management (cum laude) dari Universitas Indonesia, MBA bidang Keuangan dan Ekonomi dari University of Houston, dan Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung.

Nama terakhir yang menjadi calon ketua DK OJK merangkap anggota, ialah Iskandar Simorangkir. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan.

Sebelum menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sejak 2017, Iskandar pernah menduduki posisi sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia pada 2014-2017, Kepala Departemen Bank Indonesia pada 2013-2014, Kepala Biro/Grup Riset Ekonomi Bank Indonesia pada 2008-2012, dan Peneliti Madya Senior Bank Indonesia pada 2005-2008.

Pria kelahiran 1963 ini menempuh pendidikan Sarjana pada jurusan Manajemen di Universitas Udayana dan menyelesaikan pendidikan Magister pada jurusan Ekonomi Pembangunan di Vanderbilt University USA, serta pendidikan Doktoral pada jurusan Ekonomi di Universitas Indonesia.

Sebagai bentuk dari pengabdiannya sebagai Pegawai Bank Indonesia, Iskandar mendapat penghargaan Masa Pengabdian 25 Tahun (2013) dan Masa Pengabdian 30 Tahun (2018), serta penghargaan tingkat nasional untuk Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper