Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebut Pengaspalan Ulang Sirkuit MotoGP, Wamen BUMN: Tuntas 8 Maret

Pemerintah mengebut pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika supaya bisa digunakan pada 18-20 Maret mendatang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Maret 2022  |  10:06 WIB
Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022).  - Antara Foto/Andika Wahyu/YU\r\n
Pembalap Team Suzuki Ecstar Joan Mir memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). - Antara Foto/Andika Wahyu/YU\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah menargetkan pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika bisa rampung pada 8 Maret 2022.

"Untuk pengaspalan ulang lintasan sirkuit sudah dimulai dengan progres mencapai 60 persen. Kita harapkan pada 8 Maret 2022, pengaspalan ulang tersebut selesai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dorna Sports dan FIM," kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dikutip dari Antara, Minggu (6/3/2022).

Menurutnya, pemerintah sedang fokus untuk menyelesaikan tahap akhir penyelesaian sirkuit. Adapun, progres pengerjaan grandstand sudah mencapai 80 persen, termasuk satu gedung baru untuk VIP Deluxe.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan target penyelesaian pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika itu sesuai dengan jadwal yang telah dibuat dan proses daripada perbaikan sirkuit ini diawasi oleh FIM serta konsultan.

"Kita harapkan proses ini segera selesai dan kita siap untuk menghadapi MotoGP pada 18-20 Maret nanti," kata Dony.

Sebelumnya sekitar 17,5 persen lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika akan diaspal ulang menyusul rekomendasi dari Dorna Sport dan FIM seusai tes pramusim MotoGP di trek Lombok.

Selama tiga hari tes di Mandalika, para pebalap MotoGP menyukai layout dan desain sirkuit sepanjang 4,3km tersebut, serta standard keamanan, termasuk area runoff, gravel yang sangat lebar. Akan tetapi, mereka juga mengeluhkan kondisi trek yang kotor, berdebu dan bahkan banyaknya batu-batu kecil di lintasan.

Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengasapalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5.

PT Pengembang Pariwisata Indonesia ITDC kembali menggandeng PT Pembangunan Perumahan serta Roadgrip Motorsport Indonesia untuk melakukan pengaspalan ulang sirkuit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

MotoGP ITDC MotoGP Mandalika

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top