Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag Kunker ke Makassar, Rapat Soal Harga Minyak Goreng Ditunda

DPR menunda rapat kerja soal harga minyak goreng karena Mendag melakukan kunjungan kerja ke Makassar.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di sela-sela gelaran World Expo 2020 Dubai./Bisnis-Gajah Kusumo
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di sela-sela gelaran World Expo 2020 Dubai./Bisnis-Gajah Kusumo

Bisnis.com, JAKARTA — Rapat Kerja Gabungan DPR RI bersama dengan pemerintah yang bakal membahas kisruh kenaikan harga minyak goreng, termasuk sejumlah komoditas pangan pokok, ditunda lantaran Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berhalangan hadir pada Kamis (17/2/2022).

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel memutuskan untuk menunda rapat kerja gabungan itu setelah mendapat persetujuan dari Komisi IV, VI dan VII. Pimpinan komisi itu berpendapat Lutfi memiliki peran dominan terkait dengan kebijakan pengendalian harga pangan pokok yang mengalami kenaikan sejak akhir tahun lalu itu.

“Setelah kami bahas bersama dengan pimpinan rapat kita akan tunda setelah masa reses atau melihat perkembangan selanjutnya apakah di masa reses juga akan kita pertimbangkan karena setelah reses waktunya sudah kelewat panjang, isunya tidak mungkin disetop sambil menunggu kalau sudah meledak,” kata Gobel saat membuka rapat kerja gabungan itu.

Adapun pimpinan komisi IV, VI, VII sepakat untuk menunda rapat kerja gabungan itu. Mereka meminta penjadwalan ulang rapat bersama dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dalam waktu dekat ini.

“Karena isu ini terus-terus berlangsung seperti ini jadi saya akan bahas lagi setelah reses atau di masa reses kita akan undang setuju tidak, karena isu ini sangat penting, setuju ya,” kata Gobel.

Sementara itu, tiga menteri lain terlihat menghadiri undangan rapat kerja tersebut di Ruang Rapat Komisi II DPR RI sekitar pukul 09.30 WIB.

“Terima kasih untuk menteri lain yang sudah memenuhi undangan rapat kerja ini padahal bapak-bapak menteri juga ada agenda lain sebenarnya,” kata Gobel.

Adapun, Lutfi mesti bertolak ke Pasar Tradisional Terong dan Pa’Baeng di Makassar pagi ini untuk memastikan pasokan dan harga minyak goreng terjangkau bagi masyarakat. Setelah itu, Lutfi bakal melakukan inspeksi terhadap dua pemasok minyak goreng di Pelabuhan Makassar untuk memastikan pasokan lancar.

Setelah dari Makasar, Lutfi dijadwalkan memimpin Rakornas Bapok Jelang Lebaran dan Puasa 2022 di Surabaya, Jawa Timur pada Jumat (18/2/2022).

“Pak Mendag tidak bisa hadir pagi ini di DPR. Beliau saat ini sedang di Makasar dan tidak ada yang mewakili rapat kerja gabungan di DPR,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kemendag Ani Mulyati melalui pesan WhatsApp, Kamis (17/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper