Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Makassar-Parepare Proyek Prioritas DJKA, MTI: Tidak Lagi Jawa Sentris

MTI menilai DJKA Kemenhub yang menjadikan KA Makassar-Parepare sebagai proyek prioritas merupakan bentuk tidak lagi Jawa sentris.
Bantalan jalur kereta api. /Bisnis.com
Bantalan jalur kereta api. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) membeberkan sejumlah proyek prioritas perkeretaapian pada 2022, salah satunya adalah jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Aditya Dwi Laksana mengaku setuju dan mendukung bila proyek tersebut masuk dalam kategori prioritas Kemenhub.

Menurutnya, dengan adanya pengembangan jalur kereta api tersebut, pemerintah membuktikan bahwa sarana dan prasarana kereta api di Indonesia tidak hanya terfokus di Pulau Jawa dan Sumatra saja.

"Jadi menurut saya itu juga layak sebagai salah satu proyek prioritas DJKA karena itu untuk memberikan suatu paradigma baru bahwa perkeretaapian Indonesia tidak Jawa sentris tapi juga dibangun di luar Pulau Jawa dan Sumatra," ujarnya, Rabu (9/2/2022).

Namun begitu, Aditya memberikan sejumlah catatan dalam pengembangan jalur tersebut. Dia menilai hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana mengoptimalkan pengoperasiannya mengingat KA Makassar-Parepare saat ini tengah difokuskan sebagai angkutan barang.

Dia menyarankan mulai dari sekarang, selain DJKA, baik sektor industri maupun logistik harus mulai memperhatikan dan memperhitungkan kebutuhan dan permintaan pelanggan.

"Makassar-Parepare catatan saya adalah yang paling penting itu bagaimana mengoptimalkan nanti ketika beroperasi karena menurut saya KA ini terutama adalah prioritasnya untuk angkutan barang. Menurut saya tantangan terkait nantinya bagaimana dari sisi demand, menyerap kebutuhan pelanggan itu yang saya harus diperhatikan. Jangan sampai setelah dibangun masih belum optimal untuk digunakan," imbuhnya.

Sebelumnya, DJKA membeberkan sejumlah proyek prioritas perkeretaapian pada 2022, di antaranya Kereta Api Makassar-Parepare. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan proyek prioritas yang masuk dalam rencana kerja anggaran 2022 itu bertujuan memperkuat layanan infrastruktur untuk mendorong kegiatan pemulihan ekonomi.

"Selain Kereta Api Makassar-Parepare, major project atau yang menjadi prioritas di 2022 adalah Kereta Api Kecepatan Tinggi Pulau Jawa, tepatnya di Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung, serta Sistem Angkutan Umum Massal Perkotaan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Rabu (9/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper