Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makassar New Port, Akses Tol Dibangun Akhir Februari 2022

Kementerian PUPR siap membangun akses tol Makassar New Port pada akhir Februari 2022.
Makassar New Port. /Pelindo IV
Makassar New Port. /Pelindo IV

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membangun jalan akses tol Makassar New Port (MNP), salah satu proyek strategis nasional milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo usai groundbreaking.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan sesegera mungkin pembangunan jalan akses tol MNP Tahap I dan II sepanjang 3,2 km tersebut dapat dilakukan. Terlebih, jalan tol di Indonesia menjadi salah satu pendukung pertumbuhan ekonomi yang dapat memangkas biaya logistik dan waktu tempuh.

"Kami berharap agar jalan akses tol MNP yang pembangunannya akan dimulai pada sekitar akhir Februari ini dapat meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia dalam konteks regional maupun internasional," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (9/2/2022).

Dia juga berpesan agar setelah groundbreaking, konstruksi segera dimulai sehingga dapat selesai sesuai target yakni beroperasi pada Juni 2023 atau bahkan bisa lebih cepat. Adapun, sebutnya, jalan akses tol MNP ini direncanakan mendukung operasional Pelabuhan Baru Makassar yang pada 2022 ini diproyeksi memiliki kapasitas sebanyak 900.000 TEUs.

“Di samping itu, kehadiran jalan akses tol ini juga dapat memicu pertumbuhan ekonomi di kawasan sekitar. Pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia,” tekannya..

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan dengan jalan akses tol ini, nantinya arus keluar masuk peti kemas di MNP akan menjadi tertata dengan lebih baik.

“Pemprov bersama Forkopimda Sulsel siap untuk mengawal setiap pembangunan yang dilakukan baik di Sulsel maupun di Makassar,” tegasnya.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran akses Makassar New Port. Dia berharap dengan akses jalan tol MNP ini, tak hanya memangkas waktu tempuh tetapi juga semakin memperlancar pertumbuhan ekonomi, tak hanya di Makassar dan Sulsel, tetapi juga di Indonesia Timur bahkan seluruh Indonesia.

“Akses jalan tol MNP ini adalah suatu hal yang luar biasa. Setiap pembangunan yang kita lakukan adalah dampaknya untuk negara dan negara dampaknya tentu ke seluruh masyarakat,” tukasnya.

Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Ramdani Basri menyampaikan, pembangunan jalan akses tol Makassar New Port ini merupakan lanjutan dari komitmen Perseroan untuk berkontribusi mendorong pembangunan infrastruktur berkelanjutan dengan menciptakan konektivitas daerah, khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kehadiran tol MNP ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, distribusi logistik dan memperlancar jalur ekspor dan impor serta menjadi salah satu solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP,” kata Ramdani.

Dia merinci, proyek yang akan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. ini akan dikerjakan dalam 3 tahap. Pada Tahap I, mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Tahap II, akan dibangun dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Selanjutnya dari MNP menuju ke bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya atau Tahap III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper