Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani: Harga Komoditas Akan Kembali Normal pada 2022

Indonesia telah mengoptimalkan kenaikan harga komoditas pada 2021 melalui ekspor dan berdampak pada pemulihan ekonomi.
Harga CPO sempat naik dan ini berdampak pada ekspor
Harga CPO sempat naik dan ini berdampak pada ekspor

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah meyakini bahwa harga komoditas akan turun atau kembali ke titik normal pada 2022, setelah melambung tinggi pada tahun lalu. Kenaikan inflasi global memengaruhi pergerakan harga komoditas tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 masih membawa ketidakpastian terhadap perekonomian global pada tahun ini. Kinerja pertumbuhan ekonomi dan inflasi masih berada di bawah bayang pandemi, meskipun mulai terlihat tren perbaikan pada 2021 dari posisi 2020.

Menurutnya, saat ini terdapat tren kenaikan inflasi di berbagai negara karena aktivitas ekonomi yang meningkat. Kondisi tersebut dapat berimbas kepada normalisasi harga komoditas.

"Inflasi ini membuat harga komoditas akan mengalami normalisasi dari tingkat paling tinggi pada akhir 2021 sampai 2022," ujar Sri Mulyani dalam gelaran Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Di tengah situasi tersebut, menurutnya, Indonesia telah mengoptimalkan kenaikan harga komoditas pada 2021 melalui ekspor. Hal tersebut mendorong perekonomian nasional sehingga mampu menekan dampak Covid-19 tahun lalu.

"Dengan situasi ini, Indonesia telah mencapai kemajuan terbaik pemulihan ekonominya. Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yg telah mencapai level pertumbuhan pracovid-19. Sekarang tingkat PDB kita [berdasarkan constant GDP index]ini 101,5," ujar Sri Mulyani.

Nilai indeks PDB konstan di atas 100 menunjukkan kemampuan sebuah negara untuk kembali ke tingkat sebelum pandemi Covid-19. Selain Indonesia, negara-negara lain yang sudah mencatatkan nilai di atas 100 di antaranya adalah China (110,5), Vietnam (105,5), Rusia (101,1), dan Brazil (100,5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper