Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Insentif Pajak Impor Dipangkas, Produsen Tekstil: Kami Setuju

Pemangkasan insentif pajak penghasilan (PPh) pasal 22 impor pada sejumlah sektor manufaktur mendapatkan sambutan hangat para pelaku industri tekstil.
Pekerja meyelesaikan pembuatan pakaian di pabrik garmen PT Citra Abadi Sejati, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja meyelesaikan pembuatan pakaian di pabrik garmen PT Citra Abadi Sejati, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2018)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pemangkasan insentif pajak penghasilan (PPh) pasal 22 impor pada sejumlah sektor manufaktur disambut baik oleh pelaku industri tekstil.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No.3/2022, industri tekstil dan alas kaki tidak masuk sektor yang mendapat perpanjangan insentif PPh pasal 22 impor dan PPh pasal 25.

Asosiasi Serat dan Benang Filament Indonesia (APSyFI) menyatakan kebijakan itu dapat mendukung penguatan struktur industri tekstil dari hulu ke hilir.

Sekjen APSyFI Redma Gita Wirawasta mengatakan dengan pengadaan impor tak lagi mendapat insentif, maka akan memberikan kesempatan bagi industri bahan baku tekstil di dalam negeri untuk bertumbuh.

"Kami sangat setuju insentif itu dihapuskan [untuk industri tekstil]. Kami kan sudah punya integrasi hulu-hilir yang bagus. Jangan sampai impornya dikasih insentif, yang akhirnya merusak tatanan integrasi hulu-hilir," kata Redma kepada Bisnis, Rabu (2/2/2022).

Selain itu, pengadaan bahan baku dari luar negeri sebenarnya juga sudah diatur dengan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) dan kawasan berikat.

"Jadi kami tidak khawatir meskipun insentifnya dicabut, ekspornya tidak akan terganggu," lanjutnya.

Namun demikian, Redma mengatakan dengan kondisi arus kas yang belum sepenuhnya pulih, industri tetap membutuhkan insentif PPh pasal 25, yang juga dipangkas sektor penerimanya oleh Kementerian Keuangan.

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakrie mengatakan pemulihan di industri alas kaki terjadi tidak merata, terutama pada perusahaan industri dengan orientasi domestik.

Menurut Firman, hal itu tetap harus menjadi perhatian pemerintah untuk alokasi insentif. "Saya rasa tetap harus ada perhatian untuk industri alas kaki, khususnya untuk kelompok yang masih terdampak Covid," kata Firman.

Sementara kelompok perusahaan industri yang berorientasi ekspor mampu bertumbuh dengan limpahan pesanan dari negara lain, tidak demikian dengan pelaku dengan fokus utama pasar dalam negeri yang sangat bergantung pada penanganan pandemi. Terlebih, ada ancaman lonjakan varian Omicron yang berisiko menghambat pemulihan.

"Kami sedang berharap pasar sudah mulai normal, tetapoi ternyata kita sedang menghadapi badai Omicron. Pastinya kami tidak baik-baik saja, jadi kalau kami dikeluarkan [dari sektor penerima insentif], agak aneh," ujar Firman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper