Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perluas Pasar, PGN (PGAS) Gandeng 4 Kawasan Industri di Jawa Timur

PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN memperluas pasar penyaluran gas bumi di wilayah Jawa Timur dengan menggandeng empat kawasan industri di wilayah tersebut.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 28 Januari 2022  |  05:39 WIB
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa - PGN
Petugas mengawasi pipa gas PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN). Istimewa - PGN

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS) atau PGN memperluas pasar penyaluran gas bumi di wilayah Jawa Timur dengan menggandeng empat kawasan industri di wilayah tersebut.

Emiten berkode saham PGAS itu telah meneken nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama bisnis gas bumi, penyediaan pasokan, serta infrastruktur untuk kawasan industri di Jawa Timur dengan PT Kawasan Industri Gresik untuk Kawasan Industri Tuban, PT Jakamitra Indonesia di Lamongan, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, serta PT Kawasan Industri Maspion.

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengatakan bahwa perjanjian tersebut bertujuan untuk mengkaji potensi kerja sama bisnis gas bumi, dan rencana penyediaan gas bumi beserta turunannya, baik gas pipa, CNG, ataupun LNG sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan energi tenant yang ada di dalam kawasan industri.

“Kerja sama kali ini berpotensi meningkatkan volume gas bumi sebesar 5–7 BBTUD, dan penambahan pengelolaan infrastruktur gas bumi sekitar 30 km,” ujar Haryo seperti dikutip dalam keterangan resminya, Kamis (27/1/2022).

Haryo menjelaskan, pihaknya membuka pintu kerja sama dengan kawasan industri lain untuk ikut masuk dalam layanan bisnis gas bumi. Kolaborasi dengan kawasan industri pun dapat dilakukan sebagai mitra strategis, dan dapat berkontribusi untuk menambahkan layanan yang lebih baik.

Dia menilai, potensi pasar gas bumi di Jawa Timur masih dapat berkembang, sehingga pihaknya optimistis bisa mempercepat akses gas bumi yang andal dengan infrastruktur terintegrasi.

“Sinergi dengan KIG, Jakamitra, Maspion, maupun SIER akan semakin memacu upaya realisasi pemakaian energi bersih, serta akses gas bumi yang merata, ramah lingkungan, dan tentunya membuktikan gas bumi sebagai solusi di masa transisi energi saat ini,” jelasnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PGN kawasan industri jawa timur
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top