Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni Dekati BPH Migas untuk Alokasi BBM Subsidi

Pelni membangun komunikasi dengan BPH Migas terkait dengan alokasi BBM subsidi.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 26 Januari 2022  |  11:07 WIB
KM Kelud. Pelni
KM Kelud. Pelni

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mencoba membangun komunikasi dengan BPH Migas demi meningkatkan layanan operasional seluruh kapal yang dimiliki.

Direktur Armada dan Teknik PT Pelni Robert MP Sinaga menyampaikan penggunaan BBM merupakan hal yang fundamental dalam menggerakkan kegiatan operasional kapal.

"Kami akan berkomunikasi lebih intens dengan BPH Migas untuk menyamakan formula perhitungan kebutuhan BBM, karena sebagai perusahaan transportasi, bahan bakar merupakan komponen biaya terbesar, sekaligus terpenting," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (26/1/2022).

Robert menambahkan BPH Migas merupakan mitra strategis Perusahaan yang turut mendukung keberlangsungan operasional melalui pemberian BBM subsidi untuk kapal penumpang, kapal perintis, serta kapal barang yang dioperasikan Perusahaan.

Pada 2021, kapal penumpang Pelni telah menggunakan 188.692 KL (kilo liter) dari kuota yang diberikan oleh BPH Migas sebesar 194.541 KL. Sementara itu, untuk kapal perintis, konsumsi bahan bakar yang telah dipergunakan oleh Pelni sebesar 81.356 KL dari kuota yang diberikan sebesar 97.988 KL.

Dalam mendukung konektivitas di Indonesia melalui kegiatan operasional kapal Pelni pada 2022 ini, BPH Migas telah mengalokasikan kuota BBM bersubsidi sebesar 179.120 KL untuk operasional kapal penumpang dan 80.247 KL secara nasional untuk kegiatan operasional kapal perintis, barang, ternak, dan rede.

"Kami berharap sebagai bagian dari Pemerintah, BPH Migas dapat memberikan jaminan pasokan kuota BBM, mengingat kapal Pelni nyaris seluruhnya menjalankan tugas negara dalam menyambungkan akses transportasi masyarakat kepulauan," imbuhnya.

Saat ini Pelni telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, Pelni juga melayani 44 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.695 ruas.

Pelni juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede, sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 10 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bbm subsidi pelni
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top