Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LPDP Buat Program Beasiswa Khusus Dosen dan Guru di Pesantren Tahun Ini

LPDP Kemenkeu tahun ini juga berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk memfasilitasi program studi degree dan non-degree. Salah satunya ditujukan untuk tenaga pendidik di lembaga pendidikan pesantren.
Para peminat beasiswa LPDP /lpdp
Para peminat beasiswa LPDP /lpdp

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama LPDP Kemenkeu Andin Hadiyanto mengatakan pendaftaran penerima beasiswa LPDP tahun ini akan dibuka pada Februari dan Juli 2022. LPDP juga akan membuka program baru untuk tenaga pendidik di pesantren.

Seperti program 2021, pendaftaran dibuka untuk program beasiswa yang dibiayai oleh LPDP serta kolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek).

Sejalan dengan hal tersebut, LPDP Kemenkeu tahun ini juga berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk memfasilitasi program studi degree dan non-degree. Salah satunya ditujukan untuk tenaga pendidik di lembaga pendidikan pesantren.

"Mulai tahun ini kita juga akan mulai kerja sama dengan Kementerian Agama. [Kemenag] membuat program yang hampir sama dengan Kemdikbudristek, meningkatkan tenaga pendidik di Kementerian Agama. Seperti dosen dan guru-guru di pesantren," jelas Andin pada rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI, disiarkan melalui YouTube DPR RI, Rabu (26/1/2022).

Andin menyampaikan bahwa program anyar tersebut nantinya tidak hanya akan memfasilitasi program pendidikan bergelar atau degree. Namun, program beasiswa juga akan ditujukan untuk program non-degree seperti peningkatan kewirausahaan di pesantren.

"Kementerian Agama juga sudah mengajukan kebutuhannya nanti kita akan bahas lebih lanjut," tutur Andin.

Adapun, Andin mencatat jumlah penerima baru untuk program LPDP pada 2021 melonjak setelah 2020 pada saat awal pandemi Covid-19. Berdasarkan data LPDP Kemenkeu, jumlah penerima baru di 2021 mencapai 4.266 orang atau lebih besar hingga enam kali lipat dari 2020 yakni 680 orang.

Jumlah penerima beasiswa LPDP program kerja sama dengan Kemdikbud Ristek juga melonjak lebih tinggi pada 2021 yakni hingga 67.327 orang. Penerima sebelumnya berjumlah 2.389 orang pada 2020. Program kolaborasi tersebut ditujukan untuk program S2, S3, tenaga pendidik, dosen, dan Kampus Merdeka.

"Dari 67.327 ini, yang untuk program degree adalah 2.181 [orang], dan non-degree atau Kampus Merdeka Belajar sebanyak 65.146 [orang]. Jadi, ada peningkatan layanan yang signifikan sekali dan kita mengoptimalkan dana yang ada di LPDP," jelas Andin.

Hingga saat ini, catat Andin, terdapat total 29.872 orang penerima beasiswa LPDP hingga saat ini. Sedangkan, terdapat 27.248 orang yang menerima beasiswa penuh atau full scholarship, dan 2.724 orang penerima beasiswa secara parsial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Editor : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper